Ilustrasi. www.daystar.ac.ke

Perkembangan Alat Komunikasi Dari Masa ke Masa, Sederhana dan Modern

Diposting pada

Inilah informasi perkembangan alat komunikasi dari masa ke masa yang sedang Anda cari. Ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dibaca. Sehingga Anda bisa dengan mudah paham mengenai informasi yang disajikan. Sudah tidak zamannya lagi kita harus belajar dengan cara yang susah dan rumit. Revolusi informasi membuat semuanya jadi mudah dan berbiaya murah untuk mendapatkannya.

Dulu manusia tidak menyangka bahwa antar sesama manusia bisa berjumpa melalui Smartphone. Kini sesama manusia bisa bertatap muka dengan alat tersebut. Begitu juga dalam hal kirim data yang semakin mudah. Semua ini tidak lepas dari apa yang dinamakan perkembangan alat komunikasi dari tradisional kearah modern. Inovasi terus terjadi seiring bertambahnya usia bumi.

Dalam membahas artikel ini, tahapan alat komunikasi zaman dahulu (kuno) akan di bahas. Kemudian saya sempatkan juga membahas alat komunikasi yang modern.

Pada alat komunikasi konvensional bisa dibilang jauh lebih sederahana model alatnya. Peralatan yang dipakai pun biasanya langsung bersumber alam.

Berikut beberapa macam alat komunikasi Konvensional :

1. Api Unggun

Gambar alat komunikasi via WordPress

Pada zaman dulu, api tidak cuma berfungsi sebagai alat untuk membakar atau memasak. Api juga di fungsikan sebagai media alat komunikasi oleh manusia dikala itu.

2. Daun Lontar

Gamabar alat komunikasi via Google

Sejak zaman dahulu, orang memakai bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Daun lontar juga dikenal dengan nama pohon nira. Daun ini digunakan sebagai bahan kerajinan dan naskah.

3. Merpati Pos

Gambar alat komunikasi via Google

Burung Merpati memiliki peranan yang penting dalam perkembangan alat komunikasi.

Dikenal dengan nama Merpati pos, yaitu merupakan alat komunikasi yang menggunakan burung merpati sebagai perantara, yaitu pengantar pesan atau surat.

Ada beberapa alasan kenapa burung merpati yang dipilih?

  • burung tersebut pintar,
  • mempunyai kemampuan mengingat yang kuat,
  • kemampuan navigasi,
  • serta naluri alamiah untuk kembali ke sarangnya.

Berdasarkan sejarahnya, metode ini pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirim pesan disekitar kerajaannya.

Sedang orang Romawi menggunakan Merpati Pos untuk mengirim pesan ke pasukan militernya.

Sementara orang Yunani menggunakan Merpati Pos untuk memberitahukan pemenang Olimpiade.

Dan pasukan Amerika memakai Merpati Pos untuk berkomunikasi ketika perang dunia pertama di tahun 1914-1918.

4. Kentongan

Gambar alat komunikasi via Blogger

Selain berfungsi sebagai alat musik tradisonal, Kentongan juga dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. Alat musik ini digunakan untuk memberitahu warga jika telah terjadi sesuatu.

Sampai saat ini, Kentongan masih dipakai dalam bidang keamanan (media ronda malam) dan digunakan juga sebagai penunjuk waktu.

Perlu diketahui, dalam blog Silontong sebelumnya sudah banyak membahas mengenai Alat Komunikasi Tradisional yang bisa dilihat disini.

Oke, selanjutnya kita akan mebahas mengenai perkembangan alat komunikasi modern sebagai tahapan lanjutan dari konvensional.

Sudah fitrah manusia untuk selalu berkarya untuk sesuatu yang sempurna. Meski tidak akan pernah sempurna. Proses penyempurnaan alat komunikasi itulah yang sampai saat ini terus ditelurkan oleh makhluk yang bernama manusia.

Dan berikut perkembangan tentang Alat Komunikasi Modern yang sudah dipoles dengan inovasi teknologi.

1. Telegraf

Gambar alat komunikasi via Blogger

Telegraf adalah alat komunikasi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertamanya dikirim pada 6 Januari 1838, pesan yang dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini sering disebut sebagai pesan kabel atau kawat.

Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.

2. Telepon

Gambar alat komunikasi via Google

Teknologi telepon dipicu oleh oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat. Telepon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell.

Untuk di Indonesia telephone lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang dtiselenggarakan pihak swasta. Jaringan telepon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telepon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telepon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon) Dienst.

3. Telegram

Gambar alat komunikasi via Google

Sekita tahun 1920-an, Telegram baru dipopulerkan. Telegram barisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf.

Untuk biaya, telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telepon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat.

Nah, untuk di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Telegram biasa berwarna biru muda, sedangkan Telegram Indah biasa dikirimkan pada hari-hari khusus seperti hari raya atau tahun baru.

4. Pager

Gambar alat komunikasi via Google

Pager atau radio panggil adalah alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek.

Kini, alat tersebut sudah jarang ditemukan, tetapi alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa informasi dari kesehatan.

Pager ditemukan tahun 1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat.

Sebelum telepon seluler berkembang, pager digunakan sebagai pengganti untuk layanan telepon lokal dan internasional. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997. Pelanggannya mencapai 800.000. namun karena harga perangkat yang terus menerus melambung pelanggan pun perlahan menurun. Apalagi telah munculnya teknologi telepon seluler.

5. Surat Elektronik (E-mail)

Gambar alat komunikasi via Google

Adalah sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, yang dikenal internet. Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan “mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.

6. Alat Komunikasi Internet

Gambar alat komunikasi via Google

Rangkaian yang membentuk internet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency).

Pada tahun 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal dari internet yang kita kenal.

Untuk di negara Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal tahun 1990-an.

7. Telepon Genggam

Gambar alat komunikasi via WordPress

Penemuan telepon genggam tak terlepas dari perkembangan radio.

Semua berawal pada tahun 1921,dimana Departemen Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan telephon mobil satu arah. Kemudian tahun 1940, Galvin Manucfatory Corporation (sekarang Motorola) mengembangkan Handle-talllkle SCR536 untuk keperluan komunikasi di medan perang saat perang Dunia II.

Namun, penemuan telepon genggam yang sebenarnya terjadi pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp.

Telepon ini kemudian dikenal sebagai telepon genggam generasi pertama atau 1G. dari model inilah kemudian muncul telephon genggam berikutnya. Tahun 1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms (short message service).

Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi ini. Kini, teknologi telepon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) dan keempat (4G). Teknologi ini memberikan jangkauan yang lebih luas lagi termasuk internet. Fitur telepon seluler pun bahkan mendekati fungsi PC.

Bahkan untuk teknologi 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja.

Di negara Indonesia, teknologi telephon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT).

8. Pesan Instan (Instant Messaging)

Gambar alat komunikasi via Google

Adalah sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time). Istilah pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), Google dan Microsoft (Windows Live Messenger).

Bermula saat orang-orang marak menggunakan teknologi secara online awal tahun 1990. Para pengembang peranti lunak menciptakan software chat room, yakni suatu grup atau perseorangan bisa mengirimkan pesan kepada setiap orang di ‘room’ tersebut. Pada tahun 1996, pesan instan ini meledak saat diperkenalkan ICQ, sebuah pesan gratis.

Namun AOL, menjadi pionir dalam kemunitas online pada tahun 1997, karena AOL bisa memberikan kemampuan pengguna berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah semakin berkembang perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan instan.

9. Mobile Chat Messenger

Gambar alat komunikasi via DigiFloor.com

Hampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

10. Cisco TelePresence

Gambar alat komunikasi via Google

Cisco TelePresence adalah sebuah produk buatan Cisco Systems yang menyediakan video 1080p berdefinisi tinggi, spatial audio (efek audio 3-dimensi), dan penyetelan yang dirancang untuk menghubungkan dua ruangan yang terpisah secara fisik agar terasa seperti sebuah ruang pertemuan walaupun kedua ruangan tersebut mungkin berada di belahan dunia yang berbeda. Produk ini diperkenalkan pada Oktober 2006.

Cisco bekerja erat dengan penyedia-penyedia layanan untuk pengembangan arsitektur Cisco TelePresence antar-perusahaan. Cisco TelePresence menggabungkan audio tingkat lanjut, video berdefinisi tinggi dan alat-alat kolaborasi interaktif dengan jaringan sebagai medium untuk menghasilkan pengalaman pertemuan virtual yang menyerupai pertemuan nyata.

Banyak bagian Cisco System didapat dari perusahaan yang tidak memiliki pabrik produksi sendiri. Maka untuk produk Cisco TelePresence,

Cisco menggandeng beberapa produsen berbeda. Mulai dari kamera dan layar plasma yang diproduksi di Jepang, hingga speaker, dan furniture yang digunakan, semuanya dibuat di tempat yang berbeda. Setiap kali ada pesanan, Cisco Systems akan mengkoordinasi proses produksi berbagai bagian tadi untuk kemudian dikirimkan ke pemesan pada saat yang bersamaan.

 

Demikianlah informasi mengenai perkembangan alat komunikasi dari masa ke masa pada kali ini. Semoga apa yang disajikan bisa memberikan manfaat kepada pembaca.

Credit: Kaskus, Blogger

Silahkan berkomentar