Kantor Pemprov Jawa Barat (Gambar: Google)

14 Alat Musik Tradisional Asal Jawa Barat, Contoh dan Cara Memainkannya

Diposting pada

Alat musik tradisional dari Jawa Barat (Jabar) dan cara memainkannya merupakan artikel yang penting diketahui. Kenapa? Karena berdasarkan riset sederhana, ada banyak orang membutuhkan contoh dan keterangan terkait alat musik ini. Tujuan mereka berbeda-beda, ada yang untuk menyelesaikan tugas sekolah, ada yang untuk menulis artikel alat musik, dan ada yang hanya untuk dibaca-baca saja.

Karena sifanya yang kuno, masa lalu atau tempo dulu, alat musik tradisional dari Jabar harus mendapat perhatian dan perlakuan berbeda. Hal ini karena alat musik tersebut harus dilestrasikan keberadaannya dari waktu ke waktu dengan diteruskan oleh generasi selanjutnya. Diharapkan, jangan ada generasi yang tidak kenal dengan alat musik warisan nenek moyangnya. Malu donk ah!

Untuk menuju kesana, dibutuhkan kampanye kesadaran dari berbagai pihak demi terwujudnya kecintaan seluruh masyarakat Indonesia kepada alat musik nusantara, bukan cuma alat musik yang asal daerahnya Jawa Barat.

Ironisnya, jika terjadi alat milih khas Indonesia di klaim negara lain dan anak bangsa cuma bisa mengutuk. Padahal sebelum alat musik itu di klaim negara lain, sikap anak bangsa cuma cuek alias tidak peduli. Sungguh terlalu!

Kekayaan budaya musik Indonesia mau tidak mau harus terus dijaga jika tidak mau punah atau di klaim bangsa dan negara lain. Semoga para pembaca yang budiman adalah orang yang gemar melestarikan alat musik yang tradisional milik Indonesia. Kita semua tahu, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat kaya keseniannya, dari Sabang sampai Merauke yang sangat amat disayangkan jika kekayakaan tersebut pupus di telan sejarah, bukan?

Singkatnya, kembali kepada topik artikel alat musik ini dan yang jadi pertanyaan adalah: apa saja alat musik tradisional asal Jawa Barat? Berikut ulasannya.

Tapi, sebelum kepada poin-poin alat musik tradisional yang dimaksud, sebelumnya Silontong sudah menulis dan membahas mengenai alat musik petik  dan alat musik tiup pada postingan sebelumnya.

Baiklah…

Simak ulasan lengkap alat musik tradisional asal Jawa Barat (Jawa Barat), contoh, gambar, penjelasan dan keterangannya dibawah ini.

1. Gong

Gambar alat musik tradisional via Google

Ada kenal dengan Gong?

Gong bukanlah Tong, he he..

Gong adalah sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Sangat disayang, sekarang ini tidak banyak dijumpai lagi perajin Gong seperti ini.

Kabar lain menyebutkan, Gong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Vietnam dan berkembang di Indonesia. Benarkah demikian? #diskusi.

2. Angklung

Gambar alat musik tradisional via WrodPress

Cara memainkan alat musik Angklung dinilai unik. Mulai dari mengatur posisi yang tepat, menggetarkan. Dimana pada saat menggetarkan, ada jenis-jenisnya yang terdiri dari:

  • Teknik Getaran panjang,
  • Teknik Staccato,
  • Teknik Tengkep.

3. Kecapi

Gambar alat musik tradisional via Google

Jadi alat musik khas Jawa Barat, alat musik Kecapi dimainkan dengan cara dipetik, mirip seperti gitar yang memiliki beberapa senar. Kecapi atau ada juga yang sebut Kacapi dipetik dengan jari tangan kanan dan jari tangan kiri.

Kapan alat musik Kecapi dimainkan? Biasanya dimainkan dalam pertunjukan acara-acara adat setempat.

4. Rebab

Gambar alat musik via Blogger

Mempunyai arti Indera, Rebab kabarnya menjadi alat musik tradisional asal Jawa Barat yang cara memainkannya dengan menggesek dua buah senarnya.
Kayu adalah bahan Rebab, dan buat menggetarkan suaranya ditutup menggunakan kulit tipis yang mempunyai tangga nada pentatonis.

5. Arumba

Gambar alat musik tradisional via Google

Berasal dari Jawa Barat, alat musikArumba terbuat dari bahan atau tumbuhan bambu. Sebutan lainnya adalah Ensemble yang muncul pada tahun 1960-an. Manusia bernama Yoes Roesadi dikenal sebagai awal pemimpin dari Grup Musik Arumba.

6. Kulanter

Gambar alat musik tradisional via Google

Menurut informasi yang banyak beredar, bentuk dari seperti kendang, begitu juga bahan untuk membuatnya. Yang membuat beda adalah ukurannya yang lebih kecil.

Ada juga yang menyatakan, Kulanter dengan alat musik Kutiplak. Jadi, lebih jelasnya, Kutiplak adalah kulanter yang ditepak dengan posisi berdiri, sedangkan Kutipung adalah Kulanter yang ditidurkan. Jelas, bukan?

7. Calung

Gambar alat musik tradisional via Blogger

Kabarnya, Calung merupakan alat musik Sunda yang diebut sebagai prototipe (purwarupa) dari alat musik Angklung. Terjadi perbedaan saat alat tersebut dimainkan. Menurut laman Wikipedia, Calung dimainkan dengan cara memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la).

8. Karinding

Gambar alat musik tradisional via Blogger

Karinding adalah salah satu alat musik tiup tradisional Sunda. Ada beberapa daerah tempat pembuatan alat musik ini, yaitu Citamiang, Pasirmukti, (Tasikmalaya), Lewo Malangbong, (Garut), dan Cikalongkulon (Cianjur) yang dibuat dari pelepah kawung (enau).

Lantas, bagaimana cara memainkan alat musik Karinding?

Anggota tubuh bernama bibir menjadi intrumen memainkan alat musik Karinding, yaitu dengan disimpan di bibir, terus tepuk bagian pemukulnya biar tercipta resonansi suara.

Kadang dimainkan oleh satu orang (solo) atau bisa juga alat musik yang berasal dari Jabar ini dimainkan secara pergrup (2 sampai 5 orang). Seorang diantaranya disebut pengatur nada atau pengatur ritem.

Penuturan Abah Olot nada atau pirigan dalam memainkan karinding ada 4 jenis, yaitu:
– tonggeret,
– gogondangan,
– rereogan,
– dan iring-iringan.

9. Tarawangsa

Gambar alat musik via Google

Tarawangsa adalah salah satu jenis kesenian rakyat yang ada di Jawa Barat. Menurut informasi yang barhasil ditemukan, istilah “Tarawangsa” sendiri memiliki dua pengertian:

(1) alat musik gesek yang memiliki dua dawai yang terbuat dari kawat baja atau besi dan
(2) nama dari salah satu jenis musik tradisional Sunda.

10. Jentreng

Gambar alat musik tradisional via Google

Kabar baiknya, Jentreng ternyata sama dengan Tarawangsa. Hanya saja, Tarawangsa atau jentreng masih sangat asing bagi sebagian rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan kesenian yang satu ini masih jarang sekali orang yang tahu.

Andakah orangnya? He he.. #becanda

11. Celempung

Gambar alat musik tradisional via Google

Mengejutkan, alat musik Celempung kabarnya adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat yang asal mula keberadaannya tidak diketahui berasal darimana. Mengapa? Kasih tahu gak ya…:)

Pertunjukan keseniangan Celempungan dapat disaksikan dalam acara-acara hajatan seperti pernikahan, khitanan atau pesta kenegaraan serta upacara-upacara lainnya.

Terbuat dari hinis bambu, alat musik ini melahirkan gelombang resonansi yang ada dalam ruas batang bambu.

12. Suling

Gambar alat musik tradisional via Google

Terbuat dari bambu, Suling merupakan alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Dimainkan dengan cara ditiup, Suling atau Seruling masih banyak dijumpai sampai saat ini. Jika Anda ingin membelinya, di laman Internet sudah tersedia dijual oleh toko online.

Jika Anda merasa belum begitu percaya dengan belanja online, maka alat musik suling juga bisa di jumpai pada toko-toko yang menjual alat musik di kota Anda.

13. Gamelan

Gambar alat musik tradisional via Google

Masih menurut laman Wikipedia, Gamelan merupakan ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Kata Gamelan berasal dari bahasa Jawa gamel yang memiliki arti memukul.

Adapaun fungsi Gamelan adalah sebagai iring-iringan tari, iring-iringan upacara adat dan pagelaran seni lainya bagi budaya Jawa.

14. Jengglong

Gambar alat musik tradisional via Google

Alat musik Jengglong adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Menurut sejarah, alat musik Sunda ini masih satu keluarga dengan bonang, saron dan goong.

Jengglong terdiri dari enam buah yang penempatannya ada yang digantung dan ada yang disimpan.

Demikian penyampaian artikel alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, gambar dan cara memainkkanya juga penjelasan keterangannya. Jika ada yang kurang jelas, berikan komentar Anda pada kolom komentar dibawah.

Silahkan berkomentar