Gambar: Google

10 Alat Musik Tradisional Melayu Riau, Gambar dan Keterangannya

Diposting pada
Gambar: Google

Alat musik tradisional Melayu khas Riau (Pekanbaru) terdiri dari gambar dan keterangannya menarik untuk dibaca. Banyak juga contoh alat musik tersebut yang disampaikan pada artikel ini. Jadi, Anda tidak salah dan sia-sia datang kemari.

Mungkin Anda sudah membaca alat musik dari Jawa Timur. Jika belum, Anda bisa -nanti- melihatnya pada laman ini.

Alat musik Melayu dari Provinsi Riau hanya 10 yang berhasil ditemukan. Sebenarnya tidak tahu persis berapa jumlah alat musik daerah Riau ini, bisa jadi lebih dari 10 buah. Tapi tidak apalah, untuk sekarang ini segitu dulu yang diulas, sedangkan untuk kedepan akan di update sesuai dengan keperluan dan keluangan waktu yang tersedia. Cocok kamu rasa?

Anda pasti tahu, menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Semangat untuk menulis kadang naik dan kadang turun. Ketika semangat sedang tinggi, keinginan menulis pun mudah dilakukan. Namun saat kondisi semangat menulis sedang turun, untuk menulis satu kata saja pun malasnya tak tanggung minta ampun. Begitulah. He he kok jadi curhat ya 🙂

Blog Silontong sejatinya sudah cukup banyak menulis alat musik tradisional belakangan ini. Meski belum sebanyak Wikipedia, karena belum semua alat musik daerah yang ada di Indonesia di ulas satu persatu. Dan untuk alat musik dari provinsi Riau ini adalah tulisan yang kesekian dari tulisan-tulisan terdahulu.

Bicara musik memang tiada habisnya. Sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Musik menjadi sarana hiburan manusia dari zaman ke zaman. Apa jadinya jika di dunia ini tidak ada musik? #ngayal.

Betapa pentingnya kita melestarikan kesenian budaya Indonesia membuat Silontong ikut merasa perlu ambil bagian peranan, khususnya di dunia maya. Dengan masifnya Silontong menulis artikel terkait alat musik sebagai warisan tanah air Indonesia, maka secara tidak langsung, aktivitas tersebut bisa disebut sebagai upaya atau cara untuk melestarikan budaya asli Indonesia, bukan?

Baiklah…

Tanpa perpanjang pengantar lagi, langsung saja kepada inti pokoknya, berikut 10 alat musik tradisional Melayu (Riau-Pekanbaru) yang perlu kita ketahui bersama.

1. Rebana Ubi

Gambar alat musik tradisional via Google

Alat musik Rebana Ubi ini merupakan alat musik perkusi yang digolongkan sebagai gendang. Jadi cara memainkannya yaitu dengan cara dipukul dengan tangan. Untuk ukurannya, Rebana Ubi lebih besar dari Rebana biasa.

Merujuk pada sejarahnya, Rebana Ubi berfungsi sebagai alat komunikasi yang memiliki tujuan mengirimkan kabar seperti pengumuman acara pernikahan, juga peringatan bahaya kepada masyarakat. Sekarang, Rebana Ubi cuma digunakan dalam upacara adat tertentu. Hal ini disebabkan zaman sudah modern.

2. Kompang

Gambar alat musik tradisional via Google

Alat musik Kompang merupakan sejenis alat musik tradisional yang paling popular bagi masyarakat Melayu. Kompang termasuk kedalam golongan kumpulan alat musik gendang. Kulit kompang bisa terbuat dari kulit kambing dan bisa juga dari kulit lembu atau kerbau.

Sejarahnya dulu, Kompang asalnya dari dunia Arab yang kemudian masuk ke Tanah Melayu saat zaman Kesultanan Melaka oleh pedagang India Muslim. Sumber lain menyebutkan masuknya alat musik tersebut melalui Jawa pada abad ke-13 oleh pedagang Arab.

3. Gambus

Gambar alat musik tradisional via Google

Alat musik Gambus adalah alat musik petik seperti Mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Memiliki senar yang jumlahnya bervariasi, antara 3 senar sampai 12 senar. Biasanya, alat musik Gambus dimainkan sambil diiringi Gendang.

4. Akordeon

Gambar alat musik tradisional via Google

Sejenis alat musik organ, bentuk Akordeon relatif kecil, dan dimainkan dengan cara digantungkan di leher.

Penemuan alat musik ini adalah C.F.L. Buschmann dari Berlin, Jerman.

Bagaimana cara memaikan alat musik Akordeon?

Orang yang memainkan alat musik ini yakni dengan memainkan tombol-tombol Akor dengan jari-jari tangan kiri dan jari-jari tangan kanannya memainkan melodi lagu yang dibawakan. Ketika dimainkan, Akordeon didorong dan ditarik untuk menggerakkan udara di dalamnya. Pergerakan udara yang terjadi disalurkan ke lidah-lidah Akordeon sehingga timbul bunyi yang enak ditelinga.

5. Gendang

Gambar alat musik tradisional via Blogger

Nama lain Gendang adalah Kendang. Kendang (kendhang) yang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul. Bisa di bilang, hampir di semua daerah di Indonesia memiliki gendang dengan ciri khas masing-masing. Sebagaimana lazimnya, Gendang dimainkan dengan cara di pukul, bisa langsung dengan tangan atau alat tertentu yang terbuat khusus.

6. Gong

Gambar alat musik tradisional via Blogger

Termasuk sebagai alat musik tradisional, Gong terbuat dari leburan logam seperti perunggu dengan tembaga dengan permukaan yang bundar (dengan atau tanpa Pencu).

Gong bukan sekedar dimainkan untuk kesenian musik saja. Dalam acara-acara peresmian tertentu, gong juga sering dipakai sebagai tanda meresmikan momen tertentu, baik digunakan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta.

7.Marwas

Gambar alat musik tradisional via Google

Merupakan salah satu alat musik tepuk, alat musik Marwas ini memiliki unsur keagamaan yang kental. Biasanya Marwas dimainkan dalam berbagai lirik lagu yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta.

Asal alat musik Marwas dari negara Timur Tengah (Timteng) terutama dari Yaman.

Alat Musik tersebut biasanya dimainkan oleh sekitar 10 orang. Dan orang yang memainkannya sambil bernyanyi. Untuk membangkitkan semangat, beberapa orang dari kelompok tersebut bergerak sesuai dengan irama lagu.

8. Calempong

Gambar alat musik tradisional via Google

Dikenal juga dengan sebutan Talempong, alat musik perkusi ini terbuat dari logam, perunggu, atau besi, berbentuk bundar, terdapat di daerah Kuantan dan Riau. Calembong berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul.

Umumnya, Talempong digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan. Selain itu, Talempong juga dipakai untuk melantunkan musik menyambut tamu istimewa. Butuh kejelian dalam memainkan alat musik Talempong ini.

Apa fungs alat musik Talempong?

Salah satunya untuk mengiringi sebuah tarian sakral dan dimainkan ketika mengiringi pasangan pengantin menuju rumah mempelai wanita (bararak).

Pada zaman dahulu dibunyikan ketika akan menyampaikan sebuah pesan penting dari wali nagari oleh orang suruhannya kepada masyarakat.

9. Nafiri

Gambar alat musik tradisional via Google

Nafiri memang dikenal sebagai alat musik tradisional yang berasal dari provinsi Riau. Bentuknya mirip dengan terompet. Selain berfungsi sebagai alat musik tradisional, Nafiri juga dipakai sebagai alat komunikasi bagi masyarakat Melayu. Seperti untuk memberitahukan tentang adanya bencana, dan berita tentang kematian.

10. Rebab

Gambar alat musik tradisional via Google

Alat musik ini sudah pernah di bahas sebelumnya. Anda bisa mencari dimesin pencari yang ada di blog ini.

Wokeh, selesai juga penulisan artikel ini. Semoga artikel yang berjudul alat musik tradisional Melayu Riau ini berguna bagi pembaca. Juga diharapkan, sebagai warga negara Indonesia, kita bisa sama-sama menjaga alat musik daerah yang beraneka macam dan rupa.

Silahkan berkomentar