11 Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern

Diposting pada

Pembahasan alat musik tiup ini meliputi kategori tradisional, modern, gambar, asal daerahnya, jenis, terbuat dari bahan apa. Alat musik tiup ada yang terbuat dari kayu dan bambu untuk instrumen tradisional, ada juga yang terbuat dari plastik dan besi serta logam untuk kategori modern.

Daerah-daerah di negara Indonesia dikenal sebagai asal beberapa alat musik tiup yang kini banyak dikenal. Dan beberapa alat musik itu masih ada yang dilestarikan oleh masyarakat setempat. Namun, kegemaran menggunakan alat musik tradisional bisa menurun disebabkan hadirnya alat musik modern. Maka dari itu, perlunya rasa cinta budaya dan sejarah Indonesia ditanamkan kepada generasi muda Indonesia sejak dini, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi (PT). Kita harus bangga dengan budaya asli Indonesia, bukan?

Beberapa waktu lalu, Silontong telah selesai menulis alat musik petik. Dan sekarang giliran alat musik tiup yang tidak kalah pentingnya untuk dipelajari. Pada alat musik yang dimainkan dengan ditiup ini, setelah melakukan riset sederhana, ditemukan ada 11 alat musik tiup, baik yang tradisional maupun yang modern.

Tapi sebelumnya, sobat sudah pada tahu belum pengertian alat musik tiup? Ini ‘bocorannya’… Menurut laman Wikipedia : “Alat musik tiup adalah suatu alat musik yang mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya suatu tabung, yang kolom udara di dalamnya digetarkan dengan cara meniup ke atau melalui suatu tempat di ujung penalun.”

Oke, kita kembali fokus kepada contoh-contoh alat musik tiup, simak dibawah ini.

1. Seruling

Gambar alat musik tiup via Google

Seruling atau suling adalah alat musik tiup yang memiliki suara yang lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya. Alat ini terbuat dari tumbuhan bambu.

Asal daerah Suling adalah dari Jawa Barat (Jabar).

Saat ini, Seruling banyak diperjual-belikan melalui media online. Salah satunya di Tokopedia.com.

2. Terompet

Gambar alat musik tiup via Google

Terbuat dari logam, Terompet yang dikenal sebagai alat musik tiup ternyata hanya memiliki tiga tombol saja.

Ada yang menyebutkan bahwa Terompet itu budaya Yahudi. Bagi orang yang memainkan Trompet harus menyesuaikan Embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

3. Harmonika (Harmonica)

 

Gambar alat musik tiup via Blogger

Harmonika yang dalam bahasa Inggris disebut Harmonica termasuk kedalan salah satu alat musik yang dimainkan dengan ditiup melalui mulut.
Bagaimana cara memainkannya? Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara.

Kabarnya yang banyak beredar, Harmonika berasal dari Cina yang bernama ‘Sheng’. Dibandingkan alat musik lain, Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan.

Ditelusuri semakin dalam, ternyata Harmonica terdiri dari 3 suku kata yang meiliki arti sebagai berikut:

Har yang artinya keras,

Mo arti Suara Sapi,

Nica adalah berarti menyatukan satu sama lain.

4. Saksofon

Gambar alat musik tiup via Google

Alat musik tiup Saksofon adalah instrumen tergolong dalam keluarga woodwind. Benda logam adalah bahan untuk membuat Saksofon.
Pada umumnya, Saksofon dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, padahal dulu dipakai sebagai instrumen orkestra dan band militer.
Saksofon terbagi tiga:

  • Curved Bell Soprano Saxophone
  • Soprano Saxophone
  • Alto Saxophone

Dalam bahasa Inggris, Saksofon disebut sebagai Saxophone dan asalnya adalah Belgia.

5. Flute

Gambar alat musik tiup via Google

 

Termasuk kedalam jenis alat musik tiup, Flute masuk kategori alat musik keluarga kayu.

6. Basun

Gambar alat musik tiup via Blogger

Alat musik Basun (Bassoon) ternyata punya masa lalu yang kompleks. Terbuat dari kayu, Bassoon termasuk keluarga dari kelompok instrumen woodwind.

Dilaman Wikipedia, sebutan lain Basun adalah Fagot yang terbagi atas pipa panjang berbentuk “U” dan logam berbentuk “S” dengan lidah ganda.

Informasi yang berhasil dihimpun, Bassoon mempunyai adalah daerahnya dari Eropa.

7. Tuba

Gambar alat musik tiup via Blogger

Tuba adalah salah satu jenis alat musik tiup yang terbuat dari logam.

8. Alat Musik Pianika

Gambar alat musik tiup via Tokopedia

Adalah alat musik tiup kecil sejenis harmonika, namun bedanya, Pianika memakai bilah–bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Cara memainkannya, alat musik ini dengan cara ditiup melalui pipa lentur yang dihubungkan ke mulut.

Terjadi perbedaan pendapat mengenai asal daerah Pianika, pendapat pertama menyatakan Pianika berasal dari negara spanyol dan pendapat kedua menyebutkan Pianika berasal dari bahasa Italia. Mana yang benar?

9. Trombone

Gambar alat musik tiup via Google

Alat musik Trombon merupakan alat musik tiup logam. Sama halnya dengan alat musik tiup logam lainnya, bunyi atau suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir manusia.

10. Klarinet

Gambar alat musik tiup via Google

Klarinet (Clarinet) merupakan instrumen alat musik yang terbuat dari bahan kayu atau buluh tunggal. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup dan dikembangkan oleh manusia bernama Theoblad Boem.

11. Oboe

Gambar alat musik tiup via Blogger

Menurut laman Wikipedia, Obo merupakan alat musik double reed jenis woodwind. Alat musik ini keturunan dari shawm. Dan kata “obo” sendiri berasal dari bahasa Perancis.

Demikian informasi mengenai 11 Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Silahkan berkomentar