19 Alat Musik Petik Tradisional, Nama dan Keterangannya

Diposting pada

Alat musik petik terbagi menjadi alat petik tradisional dan modern berdasarkan dari mana asal daerahnya yang masing-masing memiliki nama-nama berbeda pula. Ada 19 jenis, macam-macam dan gambar alat musik petik yang ditemukan dari sumber di berbagai media, baik asli dari Indonesia maupun dari luar negeri. Semoga saja keterangan ini bisa membantu Anda yang saat ini sedang membutuhkannya. Bagi yang tidak butuh, mana mungkin berkunjung kemari, bukan?

Memang, alat musik jenis petik mengalami mordenisasi dari masa-kemasa bersamaan dengan perubahan atau revolusi informasi teknologi. Meski tidak semua alat musik tersebut berubah total 100%, tapi berdasarkan fakta yang terjadi, minat orang untuk memainkan alat musik petik tradisional mengalami penurunan secara perlahan dan pasti. Dan inilah konsekwensi yang harus kita terima dari sebuah perubahan.

Pastinya, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik khawatir jika semua perubahan itu mengarah kepada hilangnya alat-alat musik petik – yang zaman dulu banyak dipakai – dari peredaran. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, sebagai masyarakat, kita hendaknya bersama-sama melestarikannya. Pada artikel ini, niat kami menulisnya bertujuan untuk melestarikan alat-alat musik tersebut. Beri tepuk tangan donk :).

Untunglah, di sekolah-sekolah masih banyak guru-guru yang mengajarkan tentang alat-alat musik yang kami tulis ini. Ini pertanda bahwa peran sekolah dalam melestarikannya patut diapresiasi. Masalahnya, masih mau dan banggakah siswa-siswa di sekolah memainkan alat musik petik tradisional?#Mikir.

Bule main alat musik tradisional. (Gambar : WordPress)

Jika, bule atau orang asing bangga memainkan alat musik tradisonal Indonesia, kenapa orang asli (pribumi) Indonesia malu?#Mikirlagi.

Baiklah…langsung kepada pembahasan yang kita nanti-nantikan bersama. Tak baik terlalu banyak kali intro-nya. Tapi (maaf) sebelumnya, jika Anda ingin belajar mengenai alat musik tradisional Indonesia, di blog Silontong kebetulan sudah mengulasnya lho! Usai membaca artikel ini, Anda bisa menuju ke laman alat musik tradisional, ada 57 jenis alat musik yang dibahas. Wow!

Oke, kita fokus kepada judul kali ini yang sengaja kami pilih, yaitu judul: “19 Alat Musik Petik Tradisional dan Modern Serta Namanya” yang berdasarkan riset, judul artikel tersebut masih ‘hot’ dalam pencarian mbah Google.

Nah, seperti apa ulasannya? Simak berikut ini.

1. Kecapi

Alat Musik Kecapi . (Gambar: Wikipedia)

Anda pernah dengar alat musik gitar? Pasti pernah. Kecapi hampir sama dengan gitar karena mempunyai senar untuk dipetik. Yang membedakan adalah bentuk dan posisi memainkannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kecapi asalnya dari daerah Sunda. Semoga saja alat musik yang termasuk tradisional Indonesia ini bisa lestari eksistensinya ditengah zaman globalisasi sekarang ini.

2. Ukulele

Ukulele. (Gambar: Thewarecutter)

Menurut Wikipedia, Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci. Alat musik ini ternyata bukan berasal dari daerah yang ada di Indonesia, namun merupakan alat musik asli Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879.

Alat musik ‘Ukulele’ jika diartikan dalam bahasa Hawaii mempunyai arti ‘kutu loncat’, he he… Jadi ingat politisi tertentu ya sobat?

Walau bagaimana pun, Ukulele banyak beredar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan produk itu dijual pada laman Tokopedia.com. Anda ingin membelinya?

Perhatian!

Jika suatu saat nanti Anda memiliki Ukulele, beberapa hal yang harus jadi perhatian.

  • Alat musik Ukulele ternyata cocok jika dimainkan dengan menggunakan pick gitar arena akan mengikis senar nilon pada ukulele Anda, gunakanlah jari Anda saat memainkannya.

  • Anda harus berhati-hati saat menyimpan Ukulele Anda, jangan membantingnya karena ukulele rentan akan kerusakan.

3. Jentreng

Gambar seorang pria sedang main alat Jentreng. (Gambar: Google)

Jentreng kabarnya sejenis dengan alat musik kecapi, hanya saja jumlah dawainya ada tujuh buah. Selain itu yang membuat beda, Jentreng ukurannya jauh lebih kecil dari Kecapi.

Meski begitu, Jentreng termasuk jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik oleh jari tangan orang yang memainkannya.

4. Sasando

Gambar: Alat Musik Tradisional Sasando (Pinterest)

Alat musik petik ini ialah sebuah alat musik dawai yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekilas, Sasando mirip dengan gitar cara memainkannya.

Ternyata, konon kabarnya, Sasando dipakai oleh masyarakat Rote sejak abad ke-7 Masehi, sudah lama sekali, bukan?

5. Harpa

Gambar Alat musik tradisional Harpa (Istimewa)

Alat musik petik yang bernama Harpa ini merupakan salah satu alat musik tertua di dunia. Alat musik ini paling awal dikembangkan dari busur panah untuk berburu.

Harpa dalam penyebutan bahasa Inggris adalah ‘Harp’. Mitos yang berkembang di masyarakat dunia, seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat.

6. Sitar

Gambar alat musik Sitar (Gambar: Flickriver)

Sitar ialah salah satu jenis alat musik jenis petik yang berasal dari Asia Selatan.

Selain itu, alat musik klasik Hindustan dikenal menggunakan dawai/senar. Itulah mengapa Sitar dimainkan dengan metode petik, sama seperti Kecapi dan Gitar.

Sitar merupakan alat musik yang sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak Zaman Pertengahan.

7. Siter

Gambar Alat Musik Siter (Gambar: WordPress)

Serupa dengan Kecapi, alat musik Siter merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah (Jateng). Selain mirip dengan Kecapi, hal yang sama lainnya adalah cara memainkannya.

Kabarnya nama “siter” berasal dari bahasa Belanda yaitu “citer”, Sedang dalam bahasa Inggris adalah “zither”.

8. Gitar

Gambar alat musik Gitar. (Gambar: Abatasa.co.id)

Rasanya kelewatan jika masih ada manusia yang tidak kenal dengan alat musik gitar. Pasalnya, Gitar begitu populer hingga kini. Meski disebut sebagai alat musik yang tradisional, gitar masih banyak digunakan grup musik atau band tertentu.

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun pick.

Diketahui, hampir disetiap daerah maupun desa terdapat orang yang gemar memainkan alat musik gitar. Bahkan, Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah orang yang mempunyai hobi bermain gitar.

9. Banjo

Gambar alat musik Banjo (Gambar: Kaskus)

Menurut informasi dari laman Wikipedia, Banjo ialah alat musik petik yang dikembangkan oleh budak Afrika di Amerika Serikat (AS), dan merupakan gabungan beberapa alat musik Afrika.

Nama Banjo memang sangat asing ditelinga anak muda. Jika ada yang mengenalnya, bisa dihitung dengan jari. Apakah Anda salah satunya?

10. Mandolin

Ini gambar alat musik Mandolin. (Gambar: Pixbay)

Alat musik Mandolin termasuk kedalam jenis alat musik petik tradisional yang memiliki senar memanjang persis seperti gitar. Namun cara memainkannya mirip seperti biola digesek.

Kabarnya yang banyak beredar, alat musik yang ukurannya lebih kecil dari gitar itu berasal dari Itali.

11. Pipa /Cina Kecapi

Gambar Alat musik Pipa atau Cina Kecapi. (Gambar: WordPress)

Alat musik Pipa adalah sejenis alat musik tradisional Tiongkok (China). Terbuat dari bahan kayu, Pipa telah ada pada zaman Dinasti Qin (221 SM – 206 SM) dan telah dimainkan selama lebih dari 2000 tahun.

Nama populer lain Pipa adalah Cina Kecapi. Disebut begitu karena alat musik ini berasal dari Tiongkok.

12. Gambus

Ini gambar alat musik Gambus (Gambar: Blogspot)

Dimainkan dengan metode petik, Gambus adalah seperti Mandolin yang berasal dari Timur Tengah (Timteng). Sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar pada umumnya. Tidak tahu berapa senar jumlahnya jika alat musik tersebut sudah mengalami mordenisasi akibat globalisasi.

Di Indonesia sendiri, Gambus juga banyak digunakan oleh musisi Indonesia.

13. Japen

Ini gambar alat musik Japen. (Gambar via Sejarah-Negara.com)

Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah asal alat musik Japen. Termasuk alat musik tradisional, Japen masih banyak digemari masyarakat setempat.

Kenapa disebut Japen? Karena nama Japen sendiri berasal dari bentuknya yang sangat unik. Benarkah demikian?

14. Panting

Gambar alat musik Panting. (Gambar: WordPress)

Panting adalah alat musik tradisional yang berbentuk seperti gabus Arab, hanya saja tampilan lebih kecil. Panting memiliki senar sehingga dimainkan dengan cara dipetik.

Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga karena alat adalah musik tradisional dari suku Banjar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

15. Saung Gauk

Gambar alat musik Saung Gauk (Gambar: Wikipedia)

Saung Gauk adalah alat musik tradisional yang juga berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Nama lain Saung Gauk adalah Harpa Burma.

16. Sampek

Gambar alat musik Sampek (Gambar: Plengdut.com)

Sampe dikenal sebagai alat musik tradisional Suku Dayak di daerah Kalimantan. Alat musik satu ini sering dipakai saat mengiringi berbagai acara adat.

Dari penelusuran yang sudah dilakukan, belum tahu pasti, apakah Sampek berasal dari Kalimantan Tengah atau Kalimantan Timur. Sama seperti alat musik petik lain, Sampek dimainkan dengan cara di petik juga.

17. Keso-Keso

Gambar alat musik tradisional Keso-Keso (Gambar: tradisikita.my.id)

Alat musik yang satu ini berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Nama lain dari Keso-Keso adalah Pa’Keso’.

Memiliki senar, sehingga termasuk alat musik tradisional yang cara memainkannya dipetik.

18. Celempung.

Gambar alat musik Celempung (Gambar: Blogger)

Celempung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat (Jabar). Kabar menyedihkannya, sempat tidak ada yang tahu asal mula keberadaan alat tersebut.

Di internet memang masih sangat sedikit ulasan mengenai alat musik Celempung.

19. Hasapi

Gambar alat musik Hasapi. (Gambar: WordPress)

Hasapi adalah salah alat musik tadisional Batak Toba yang termasuk ke alat musik dawai atau senar. Alat musik ini dikenal dalam bahasa Indonesia disebut Kecapi Batak.

Musik bisa juga ditafsirkan sebagai alat komunikasi yang berfungsi menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada pendengarnya. Terkadang, tidak semua komunikasi dilakukan dalam bentuk semestinya.

Selesai sudah ulasan singkat seputar alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di petik, meski ada juga senar yang dimainkan dengan cara di gesek dengan alat khusus. Begitu juga gitar yang tidak selamanya dimainkan dengan petikan tangan, sesekali gitaris menggunakan alat yang dikenal dengan sebutan Pick.

Semoga bermanfaat.

5 komentar

  1. Ping-balik: Mengintip Irama Gambus Khas Timur Tengah | reportersatu.com

Silahkan berkomentar