Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Gendang Sisibah
Gambar Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Gendang Sisibah via Blogger

Pengertian Alat Musik Ritmis dan Jenis-Jenisnya

Diposting pada

Ini dia pengertian dari arti Alat Musik Ritmis dan contoh atau jenis alat musik yang dikategorikan sebagai alat musik ritmis. Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi ini, maka Anda tidak salah berada di blog ini.

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Gendang Sisibah
Gambar Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Gendang Sisibah via Blogger

Pengertian Alat Musik Ritmis

Ada banyak pengertian tentang Alat Musik Ritmis, sehingga sering terjadi perbedaan antar satu pendapat dengan pendapat lain. Nah, sebagai orang awan, kita tidak perlu bingung dengan perbedaan arti yang ada. Kita bisa gabungkan atau ambil benang merah dari perbedaan yang terjadi.

Menurut sebuah laman blog Alat Musik Tradisional, bahwa alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada atau nada yang dihasilkan bukanlah nada tetap, alat musik ritmis mempunyai fungsi sebagai alat musik pengiring dan juga digunakan untuk mengatur  tempo lagu.

Sedangkan menurut blog Laurayuniarrahmawati menyatakan bahwa Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu. Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok.

Jenis-Jenis atau beberapa Contoh Alat Musik Ritmis

Jika kita ingin mengenal contoh alat musik ritmis, maka berikut ini adalah informasinya yang bisa menambah wawasan bagi pembaca.

1. Kongo

Yaitu terbuat dari kayu hampir sama dengan gendang dan bentuknya lebih panjang mempunyai keunikan tersendiri dalam bentuknya. Selain itu permukaanyapun menggunakan kulit hewan untuk menghasikan bunyi khas. Kungo mempunyai dua buah yang berbeda ukuran, ada yang tinggi dan ada yang lebih rendah, tapi bentuknya tetap sama dan diletakan pada penyangga besi untuk gantungannya bertujuan agar pusisi tetap seimbang saat dimainkan. Teknik memaikannya alat musik kongo dengan cara memukul dengan kedua tangan tanpa ada menggunakan alat bantu.

Baca: Fungsi Alat Musik Ritmis

2. Marakas

Marakas mempunyai perbedaan jauh dengan alat musik kongo, dari bentuk dan cara memainkannyapun berbeda tapi tetap termasuk alat musik ritmis karana tidak bernada. Bentuknya yang seperti botol boling dan di isi dengan butiran-butiran kecil dan keras. Cara memainkan marakas, dengan menggoyang-goyangkan kedua tangan dan menghasikan bunyi gemerisik.

3. Tamborin

Tamborin juga terbuat dari kayu berbentuk bulat permukaannya dilapiskan kulit hewan. Alat musik yang satu ini mempunyai logam yang menghiasi lingkaran pada sisi-sisinya dipasang rangkap. Cara memaikan Tamborin yaitu dengan cara memuku dan digoyang-goyang menghasilkan perpaduan bunyi yang akan terdengar.

4. Triangle

Bentuk yang lebih simpel terbuat dari logam berbentu segitiga tapi menghasilkan bunyi yang dapat menggiringi alat musik lain untuk perpaduan bunyi. Alat musik Triangle mempunyai suara tinggi dan nyaring saat dimainkan. Teknik menggunakan alat musik yang satu ini dengan cara memegang tangkai yang di sediakan, dan dipukul menggunakan besi pemukul untuk menghasikan bunyi.

Baca: Alat Komunikasi Modern

5. Drum

Siapa yang tidak dengan alat yang satu ini, hampir setiap hari kita bisa lihat alat musik perkusi ini dimainkan dalam acara musik di televisi, namun alat musik ini bukanlah termasuk alat musik tradisional, tapi ga apa sebagai contoh alat musik ritmis juga.   Drum yang termasuk dalam golongan alat musik perkusi terbuat dari kulit yang dibentangkan pada sebuah drum dimainkan dengan cara dipukul ada yang menggunakan tangan atau juga menggunakan batang/stik.   Selain menggunakan kulit, drum juga bisa dibuat dengan bahan lain, seperti plastik.

6. Gendang

Siapa sih dari kita yang tidak apa itu alat musik Gendang? Nah, seperti pada umumnya yang kita ketahui bahwa gendang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu yang dibentuk seperti tong dengan kulit yang diregangkan dikedua ujungnya lalu dipukul hingga mengeluarkan bunyi yang khas. Kulit yang digunakan untuk membuat gendang ini biasanya adalah kulit sapi, kulit kerbau, atau kambing.

Baca: Adat Istiadat Suku Sunda

Demikian informasi mengenai pengetian alat musik ritmis disampaikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Silahkan berkomentar