Ketua MPR Demokrat, PPP Dapat Wakil Ketua, ‘Moncong Putih’ Semakin Tak Berdaya

Diposting pada

Kekalahan koalisi pendukung Jokowi belum berhenti sampai tiga kali. Dalam pertarungan politik di MPR nanti, PDIP pun di pastikan akan kalah lagi. Mungkin aksi gigit jari akan kembali terjadi dan tidak tahu kapan terhenti.

Dilansir laman Inilah, Jum’at (3/10/2014), Meskipun tidak ada wakil di pimpinan DPR, PPP akan mendapat jatah sebagai wakil ketua MPR.

“Ada pak Dimyati Natakusuma, Romi (Romahurmuziy), saya, dan Irgan Chairul Mahfiz,” kata politikus PPP Hasrul Azwar di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Sementara itu, untuk posisi ketua MPR akan diisi anggota Fraksi Partai Demokrat. “Calonnya Nurhayati Ali Assegaf, dan Syarief Hasan,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemilihan ketua MPR akan dilakukan pada Senin (6/10/2014). Pemilihan pimpinan MPR akan dilakukan dengan sistem paket seperti pemilihan DPR.

PDIP Pasrah Pimpinan MPR di borong KMP

Respon dari koalisi Jokowi atas kekalahannya di MPR nanti, tampaknya memang sudah di akui oleh para politisi PDIP sendiri. Hal ini seperti dimuat pada laman Viva, Minggu (5/10/2014), bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah pasrah dengan pertarungan perebutan kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Bahkan mereka tak melakukan perlawanan ketika Koalisi Merah Putih berkumpul untuk bagi-bagi jatah kursi MPR pada Sabtu malam 4 Oktober 2014. Tanpa menyisakannya untuk PDIP apalagi partai pendukungnya.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo, Minggu 5 Oktober 2014 partainya sadar tak banyak yang bisa dilakukan ketika koalisi pendukung Prabowo Subianto itu “mencuri” jatahnya.

“Kecolongan yang bagaimana? Kan koalisi SBY-Prabowo sudah mayoritas di MPR ya silahkan saja (bagi-bagi kursi),” kata Tjahjo dalam pesan singkatnya.

Faktanya, kata dia, PDIP dan Koalisi Indonesia Hebat sudah kalah di parlemen meski mereka sebagai pemenang pemilihan umum. “Tak ada masalah (PDIP tak dapat kursi),” lanjutnya.

Kemarin malam, Koalisi Merah Putih berkumpul di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Menteng, Jakarta Pusat. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan seluruh elit partai koalisi berkumpul untuk membahas kursi pimpinan MPR.

Rencananya, siang nanti, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla serta partai pendukungnya di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Belum diketahui, apa agenda Megawati mengumpulkan semua partai Koalisi Indonesia Hebat. Namun menurut Tjahjo, pertemuan itu hanya untuk silaturahmi dan merayakan Hari Raya Idul Adha, tak membahas soal kursi Ketua MPR.

“Tidak bahas apa-apa, besok kan Idul Adha,” ujar dia.