Alasan Kenapa Partai Demokrat Walk Out Paripurna UU Pilkada

Diposting pada

Ini adalah alasan dan kenapa partai Demokrat melakukan aksi “Walk out” dalam rapat paripurna UU Pilkada yang menjadi penyebab PDIP merasa di tipu oleh partai Demokrat. Namun beberapa politisi Demokrat malah menyatakan bahwa PDIP-lah yang melakukan kesalahan.

Berikut ini sejumlah alasan dan penyebab Demokrat melakukan atau memilih aksi “walk out” yang bisa menjadi jawaban bagi rakyat yang sampai saat ini masih penasaran.

Kabar dan Gambar bendera partai demokrat terkait dengan sikap demokrat yang walk out dari sidang paripurna dan sejumlah alasannya

Partai Demokrat mengaku tidak mendapat dukungan dari fraksi-fraksi di DPR tentang 10 syarat pilkada langsung di forum lobi. Karena alasan itulah, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini melakukan aksi walk out.

“Sehingga sesuai ketentuan dari tata cara etika lobi fraksi, kalau tidak ada (dukungan), maka kalau tidak mendapatkan kesepakatan, maka itulah yang dibawa (walk out),” kata Ketua Umum Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, di Gedung DPR, Jumat (26/9/2014), dilansir laman Inilah, Jum’at (26/9/2014).

Partai ini berkilah mereka tidak mengetahui bahwa mendapat dukungan dari fraksi yang mendukung pilkada langsung.

“Ya itulah yang terjadi, nasib sudah yang terakhir ketua fraksi kami tidak mengetahui itu (ada dukungan). Namun demikian pada saat lobi fraksi tidak ada dukungan, sehingga ketua fraksi kami melihat tidak ada dukungan, ya akhirnya walk out,” jelasnya.

“Yang jelas suara dukungan itu tidak terkeskpresikan di lobi fraksi, sehingga kami tidak bisa memasukkan opsi itu,” tandasnya.

Seperti diketahui, DPR resmi mengesahkan UU Pilkada tak langsung atau DPRD pada Jumat dini hari. Sebanyak 226 anggota DPR setuju Pilkada tak langsung, dan 135 anggota DPR setuju Pilkada langsung.

Atas keputusan DPR RI itu, sejumlah koalisi LSM (lembaga swadaya masyarakat) seperti YLBHI, Perludem, Wahid Institute mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi agar pilkada dikembalikan lewat pemilihan langsung

Silahkan berkomentar