10 Fakta Novela Nawipa, Saksi Prabowo- Hatta di sidang MK yang ‘Mentiko’

Diposting pada

Inilah 10 fakta dan sekilas profil dan perjalanan hidup tentang wanita yang bernama Novela Nawipa asal papua yang berhasil menarik perhatian masyarakat banyak karena aksi ‘konyolnya’ yang menghebohkan Indonesia.

Kabar Novela Nawipa terbaru dan gambar dalam sidang MK tentang gugatan kecurangan Pilpres 2014

Selain itu, Nama Novela Nawipa juga telah membuat google terkejut, karena dalam waktu yang cepat bisa memasuki laman Google Trends bersama Robin Williams. Hal itu tak lain disebabkan gayanya yang unik dan mampu mencairkan suasana sidang di Mahkamah Konstitusi tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden 2014, dimana pasangan Prabowo-Hatta sebagai pemohon dan KPU sebagai termohon, serta pasangan Jokowi-Jusuf Kallah berada di pihak terkait.

Novela begitu cepat populer karena waktu itu ia menjawab pertanyaan dari hakim Mahkamah Konstitusi dengan ketus dan mengaku “orang gunung, jangan dibodoh-bodohi”. Tak ayal jawaban-jawaban dengan ekspresi unik itu membuat seluruh pengunjung sidang tertawa.  Dimata orang-orang jawaban-jawaban yang disampaikan ke pada hakim itu memberi kesan, Novela adalah seorang perempuan dari pedalaman Papua yang lugu dan kurang berpengalaman, sebagaimana di lansir dari Riauaksi.

Nah bagi Anda yang ingin tahu tentang fakta, profil singkat atau sekilas Novela Nawipa, kali ini Silontong akan menyuguhkan kepada pembaca.


Berikut 10 fakta-fakta tentang Novela Nawipa:

Kabar dan Gambar Novela Nawipa terbaru yang tercatat sebagai kader partai Gerindra#1.    Novela Nawipa adalah alumni sebuah Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.  Di Kampus ini Novela lulus dan memperoleh gelar S.IP.

#2.    Setelah lulus dari kampus, ia kemudian membangun sebuah CV Iyobai. Sejak tahun 2009 perempuan yang mempunyai akun twitter @Novela_Nawipa ini telah berbisnis rumah, tanah dan emas.

#3.    Novela adalah seorang caleg  DPRD dari Dapil I Kabupaten Paniai. Novela dari partai Gerindra

#4.    Novela adalah seorang single parent dengan satu anak perempuan. Namun berkat bisnisnya yang sukses ia menjadi orangtua asuh dengan menyekolahkan dua anak asal Wamena dan satu anak asal Paniai. Keduanya telah lulus pendidikan sarjana bidang pendidikan dari Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Abdi Bangsa Paniai.

#5.    Novela adalah perempuan gigih dan pantang menyerah, pada masa sekolahnya dulu, ia telah berjualan sayur mayur dan hasil kebun lain, waktu sekolah menengah ia menjadi tukang cuci dan ketika kuliah ia sempat menjadi tukang ojek untuk perempuan. Selama kuliah dia hanya mempunyai 2 celana panjang dan 5 baju.

#6.    Novela adalah seorang yang sangat visioner. Menurutnya kemajuan peradaban hanya bisa diubah dengan pendidikan. Ia punya cita-cita kuat untuk memajukan orang-orang Papua. “Harus ada penanaman ilmu dan pendidikan serta pembentukan karakter untuk menuju kearah yang benar,” katanya di sebuah media, masih di rilis dari riauaksi.

#7.  Rumah Novela dihancurkan oleh orang yang tidak dikenal setelah memberikan kesaksian di sidang MK. Tapi ada juga yang mengabarkan bahwa hanya pagarnya saja yang di rusak.

#8. Fakta dan kejadian lucu pun terjadi saat hakim Arief Hidayat menanyakan berapa jarak antara desa dengan distriknya.

“300 kilometer!” kata wanita kulit hitam, Novela.

Langsung saja jawaban itu langsung membuat hakim Arief terbelalak. Sadar akan kesalahannya, Novela langsung buru-buru meralat pernyataannya. “30 kilometer, eh 300 meter. Saya manusia Pak, pasti punya salah nggak apa-apa,” ucap Novela sambil tertawa.

#9. Hakim MK dibuat bingung sama Nowela sehingga tidak tahu mau tanya apa lagi. BingungKabar dan Gambar Novela Nawipa dan Hakim Arif saling berhadapan di sidang MK mau bertanya apa lagi, Hakim Arief pun memutuskan untuk menyudahi sesi tanya jawab ini. “Saya bisa kacau,” celetuknya sambil geleng-geleng kepala dan tertawa.

“Ya Bapak kacau saya, juga bisa kacau,” tutup Novela. Kesaksian Novela menundang tawa seisi ruang sidang MK.

#10. Penampilan Novela juga mendapat pujian dari capres Prabowo Subianto. Melalui akun Twitter resminya @prabowo08, Prabowo memuji Novela sebagai orang yang jujur. ”Luar biasa Saudari @Novela_Nawipa. Saya salut akan sikap saudari yang berani, jujur, tanpa pamrih dalam membela keadilan dan kebenaran,” cuit Prabowo. Sejak disinggung oleh Prabowo yang memiliki 1,15 juta pengikut (follower) itulah, muncul dukungan bertubi-tubi kepada Novela, dilansir Jawapos.


Itulah 10 fakta wanita yang bernama Novela Nawipa, walau terjadi kontroversi dipublik dalam memberikan penilaian terhadap wanita ‘single parent’ dengan satu anak perempuan itu. Namun bisa dipastikan bahwa kehadiran Nowela di sidang MK menjadi warna dan sejarah baru dalam persidangan MK yang biasanya selalu berjalan dengan ‘datar’.

Dan bagi pembaca jika ada yang mau menambahkan tentang fakta Novela Nawipa silahkan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih.

Silahkan berkomentar