5 Proses Virus Ebola Menyerang Manusia dan Menjangkitinya serta Penularannya

Diposting pada

Ini dia 5 proses virus ebola bisa menjangkiti manusia yang sampai saat ini belum ada di temukan vaksin atau obat yang bisa menyembuhkan. Berbagai eksperimen telah di coba, namun belum menampakkan hasil yang signifikan, malah korban terus berjatuhan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis korban meninggal akibat ebola telah mencapai 932 orang. Dari jumlah itu, sedikitnya 282 orang berasal dari Liberia, dilaporkan Merdeka pada hari Jum’at, 8 Agustus 2014.

Kabar dan Fakta Virus Ebola Yang Perlu dan Penting di Ketahui

Dan pemerintah Indonesia sudah memberikan Travel Warning kepada WNI untuk tidak pergi ke negara atau daerah yang terjangkit virus Ebola, khususnya daerah yang penyebaran virus ebola kini marak ada di wilayah Afrika Barat.

Nah, bagaimanakah proses virus ebola menular kepada manusia? Berikut ini adalah ulasan tentang 5 Proses Virus Ebola Menyerang Manusia dan Menjangkitinya serta Penularannya yang berhasil Silontong rangkum dari laman dw.de. Dan semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca.

#1. Pembawa Virus

Codot dan kalong termasuk jenis kelelawar besar. Di Afrika, sebagian besar jenis hewan ini membawa virus di dalam tubuhnya, termasuk di antaranya virus Ebola. Tidak seperti manusia, kelelawar kebal terhadap virus-virus tersebut. Karena sering dijadikan bahan makanan, virus yang terdapat pada daging kelelawar dapat dengan mudah menjangkiti manusia.

#2.Ancaman Tersembunyi

Laporan ilmuwan yang dipublikasikan di jurnal PLOS Neglected Tropical Diseases menyebutkan, sebagian kelelawar di kawasan sejak lama membawa virus Ebola dan seringkali bersentuhan dengan manusia. Hal lain adalah kelelawar yang telah terjangkit virus bermigrasi ke Afrika Tengah.

#3. Hewan Lain Menjadi Inang

Hewan yang menampung virus Ebola dari kelelawar juga menyimpan ancaman. Ketika kelelawar membuang kotoran berbentuk buah yang tidak dicerna secara utuh, hewan lain seperti Antilop atau tikus bisa memakan sisa makanan tersebut. Melalui cara itu virus Ebola menyebar dan mengepung manusia.

#4. Akar Masalah

Satwa liar di Afrika sering diburu untuk dimakan. Dikenal dengan nama “Bushmeat,” daging hewan liar ini diolah dan dijual di pasar-pasar tradisional. Namun justru kebanyakan hewan-hewan tersebut membawa berbagai macam virus.

#5. Ancaman Infeksi

Cara mengolah daging dianggap sebagai salah satu sumber masalah. Manusia bisa terjangkit virus hanya dengan bersentuhan dengan darah atau lapisan kulit dalam hewan. Bahkan di Eropa pun manusia dilarang menyentuh kelelawar tanpa sarung tangan, kendati jenis virus yang dibawa jenis kelelawar di benua biru ini kebanyakan tidak berbahaya. (Baca: Sejarah dan pengertian Ebola).

Silahkan berkomentar