Negara Jiran Malaysia Serius Waspada Hadapi Ebola

Diposting pada

Memang berdar kabar, bahwa virus Ebola bisa menyerang Eropa dan Asia, walau kecil kemungkinan terjadi. Tapi isu tentang virus Ebola ternyata serius direspon oleh negara Malaysia, tapi tidak Indonesia.

Kabar dan Gambar Terbaru ttg Ebola yang mengancam Eropa dan Asia

Menurut laporan dari Tempo, Selasa (5/8), bahwa pihak berwenang Malaysia tengah meningkatkan persiapan untuk mencegah mewabahnya virus Ebola di negara tersebut. Semua titik masuk utama di Malaysia mulai diberlakukan screening penumpang.

Mengutip laporan Channel News Asia, Senin, 4 Agustus 2014, titik masuk utama Malaysia, seperti Bandara Internasional Kuala Lumpur, telah menetapkan status waspada terhadap virus ini. Para penumpang yang tiba dari negara yang terinfeksi Ebola dan menunjukkan nyeri otot dan demam akan langsung dikarantina. (Baca: Apa itu Ebola..)

Pekerja pelabuhan juga telah diberi tahu untuk berhati-hati ketika melakukan kontak dengan kru dari negara-negara Afrika Barat.

Tak sampai di situ, Kementerian Pendidikan juga telah disarankan untuk memeriksa semua mahasiswa asing yang kembali dari negara-negara Afrika yang terinfeksi virus ini. Ada sekitar 4.000 siswa Malaysia di Afrika Barat–80 persen di antaranya berada di Nigeria. Ada kekhawatiran mereka akan membawa penyakit ini ke Malaysia.

Sebab itu, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Departemen Kesehatan akan meningkatkan pemeriksaan kesehatan tahunan untuk memastikan kesehatan mereka.

Mungkin ini cara Malaysia menaikkan citra bangsanya, karena gara-gara tragedi Malaysia Air Lines (MAS) citra negara jiran tersebut anjlok di mata dunia.

Silahkan berkomentar