Betulkah Marshanda Alami Sakit Jiwa? Ini kata Psikolog

Diposting pada

Banyak orang yang menduga bahwa artis Marshanda stress atau alami gangguan atau sakit jiwa. Karena prilaku buka jilbab sebagai bukti nyata. Karena ia ‘memamerkan’ video tanpa jilbab untuk komsumsi publik patut menjadi pertanyaan yang memunculkan dugaan.

Karena dulu keputusan ibu satu orang anak ini mengenakan Hijab dikabarkan kepada media, Marshanda mengakui itu dilakukan setelah mendapat mimpi tentang kiamat. Mimpi itu, katanya, datang lima hari berturut-turut dalam tidurnya, sebagaimana di rilis laman Atjehpost (23/7).

Artinya keputusan pakai jilbab karena takut akan masuk neraka atau bisa dikatakan sebagai bentuk taubatnya seorang hamba kepada Allah Swt.

Dan ketika itu, Marshanda juga memastikan akan menolak tawaran main sinetron jika harus membuka kerudungnya.

Kabar dan gambar Marshanda yang membuat heboh dunia

“Insya Allah setiap ada sinetron aku mau tetap pakai jilbab, kalau harus melepas aku nggak mau,” kata wanita kelahiran  10 Agustus 1989 itu, masih dari Atjehpost.

Nah, pada tanggal 22 Juli 2014, tepat masih bulan Ramadhan 1435 H, Marshanda membuka jilbab dan ‘pamerkan’ foto dan videonya di internet. Keputusan Caca membuka jilbab terkesan emosional, seperti ungkapannya di sosial media :

” I dont need you to understand. In fact, i couldn’t care less of what you think. My happiness has nothing to do with your approval. (Aku tidak butuh pengertian kalian. Bahkan, saya tidak peduli apa yang anda pikirkan. Kebahagiaan saya tidak ada hubungannya dengan persetujuan anda).” (Baca: Alasan dan kenapa Marshanda buka Jilbab)

Ungkapan diatas tentu sangat bias dengan keputusannya dulu ketika mau menggunakan hijab.  Apalagi dalam videonya berisikan puisi dengan judul “Surat untuk Tuhan” dalam bahasa Inggris, namun jika diterjemahkan kira-kira seperti berikut makna puisinya:

“Aku menahan airmataku agar tak terjatuh
Merasakan cinta ini darimu

Aku kira aku tak pernah mengenal-Mu
Karena aku tak pernah melihat-Mu

Sementara di sini (hati) Engkau berada selama ini
Mencoba mengajarkanku tentang apa arti cinta
Lewat kejatuhan, kekecewaan, rasa tertekan, dan kehancuran
Di sanalah Engkau berada

Di sini Engkau berada selama ini
Membuatku paham bagaimana menghargai saat aku akhirnya merasakan
apa cinta yang sesungguhnya

Dan kini aku tak percaya hidup bisa jadi seindah ini
Bahwa aku bisa sebahagia ini
Aku kira aku akan mati sebentar lagi
Karena sungguh aku tak pernah merasa seperti ini
Sekalipun tak pernah kutemukan perasaan seperti ini, senyata ini

Dan kakiku mulai terasa dingin
Sungguh aku kira aku akan mati saat ini juga

Tapi sesungguhnya semua rasa ini adalah Engkau
Yang sedang memberitahuku bahwa aku pantas dicintai
Aku pantas menjalani kehidupan yang bahagia

Dan semua ini akhirnya menjadi nyata
Hari ini…“(atjehpost).


Lalu pada waktu hari Senin, 4 Agustus 2014, beredar kabar yang memberitakan bahwa Marshanda di pasung oleh ibunya, berdasarkan laporan dari okezone, Senin (4/8), bahwa Rianti Sofyan, ibunda Marshanda, memasung anaknya sendiri di RS Abdi Waluyo sejak tanggal 26 Juli hingga 3 Agustus lalu. Kuasa Marshanda, OC Kaligis bingung apa penyebab sang ibu tega melakukan perbuatan tersebut. (Baca: Alasan dan kenapa Marshanda dipasung ibunya)

Terlepas dari rentetan berita tentang istri dari Ben Kasyafani tersebut, apa yang bisa disimpulkan dengan kondisi jiwa dari Marshanda. Apakah betul Ia mengalami gangguan jiwa?

Dari hasil penelusuran Silontong, Selasa (5/8) menemukan tentang komentar dari seorang Psikolog yang bernama Oriza Sativa yang dilaporankan oleh Lingkarpost, Selasa (5/8), bahwa mendengar kabar tersebut, seorang psikolog bernama Oriza Sativa ikut prihatin. Menurutnya hal itu mungkin saja dilakukan sang ibu karena terjadinya gangguan kejiawaan seperti yang dulu pernah dialaminya.

Saat ini Marshanda memang sedang emnghadapi sejumlah problem berat. Terutama masalah perceraiannya dengan Ben Kasyafani. Ditambah ketika dirinya muncul dalam sebuah video dan tanpa mengenakan jilbab, maka sontak banyak cibiran diarahkan padanya.

Menurut Oriza ada kemungkinan bahwa Marshanda mengalami gangguan kejiwaan seperti yang dulu terjadi. “Kalau kita flash back, dulu dia pernah sempat histeris di youtube, mencaci maki banyak orang. Mungkin saat ini dia sedang kambuh, karena banyak permasalahan yang dialami,” ujarnya seperti dikutip dari Okezone.

Beberapa tahun yang lalu, Marshanda memang sempat membuat heboh ketika dalam sebuah video dia terlihat histeris, menangis dan mencaci maki sahabatnya. Menurut Oriza, kemungkinan Marshanda mendapat gangguan jiwa histerionik yang membuatnya menjadi histeris. Depresi berat itu terjadi setelah biduk rumah tangganya hancur. Gangguan kejiwaan semacam ini sangat mungkin terjadi, apalagi kondisi kejiawaan Marshanda tengah labil. Untuk menangani masalah Marshanda ini menurutnya diperlukan penanganan psikologis.

Ya semua dikembalikan kepada Marshanda yang mengetahui apa yang terjadi kepada dirinya sendiri, sementara publik hanya bisa menilai saja yang sifatnya beragam, ada yang bilang Marshanda Stress, Marshanda sakit jiwa, Marshanda depresi, dan yang lain. Namun semua itu hanya dugaan saja yang bisa benar dan sangat mungkin salah.

Silahkan berkomentar