Profil dan Kata-Kata Bijak dari Nelson Mandela untuk Dunia

Diposting pada

Apa warisan Nelson Mandela untuk dunia? Ada banyak, namun yang tidak bisa dilupakan adalah Nelson Mandela telah mewariskan kata-kata bijak yang sarat dengan pesan moral kepada dunia. Apa saja itu? Ups, tunggu dulu, ayo kita kenali sejenak profil singkat beliau.

Biodata Lengkap Nelson Mandela, Sang Inspirator Dunia

Dilansir dari inilah.com bahwa Nelson Rolihlahla Mandela, demikian nama lengkapnya. Ia dilahirkan di Mvezo, Afrika Selatan, pada 18 Juli 1918. Dalam perjuangannya, ia pernah dipenjara selama 27 tahun oleh pemerintah Apartheid yang berkuasa.

Mandela adalah seorang revolusioner anti-Apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999.

Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial.

Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Pria murah senyum yang gemar mengenakan kemeja batik ini akhirnya berpulang ke haribaan Ilahi pada 5 Desember 2013 di Johannesburg, Afrika Selatan, dalam usia 95 tahun. Jenazahnya dikebumikan di Desa Qunu, tempat dimana ia menghabiskan masa kecilnya.

Oke, berikut adalah kata-kata bijak Beliau untuk masyarakat dunia.

“Tidak ada orang yang terlahir membenci orang lain karena warna kulit, latar belakang, atau agamanya”.

“Orang harus belajar membenci, dan jika mereka belajar membenci, mereka bisa diajari untuk mencintai, karena cinta datang lebih alami ke hati manusia daripada kebencian”.

“Pendidikan adalah senjata terkuat yang bisa Anda pakai untuk mengubah dunia”.

“Karena bebas itu tidak hanya melepaskan rantai seseorang, tetapi hidup dalam cara yang menghormati dan memajukan kebebasan orang lain”.

“Kemuliaan terbesar dalam hidup bukan terdapat pada tidak pernah gagal, melainkan pada bangkit setiap kali Anda terjatuh”.

“Yang dihitung dalam hidup bukan semata-mata fakta bahwa kita pernah hidup. Perbedaan apa yang telah kita perbuat untuk hidup orang lainlah yang akan menentukan pentingnya hidup yang kita jalani”.

Bagaimana? Menarik bukan? Ya semoga saja lahir juga sosok baru seperti Beliau kedepan. Jasanya tidak pernah di lupakan oleh dunia, jadi wajar saja jika Google menayangkan Nelson Mandela di Google Doodle.

Demikian Profil singkat dan Kata-Kata Bijak dari Nelson Mandela untuk Dunia, semoga bisa memberikan inspirasi kepada kita semua. Apakah kamu punya kata-kata bijak juga? Jika ada boleh donk tulis dikomentar. Terima kasih.

Oh iya, bagi Anda yang mau lihat biodata Nelson Mandela, silahkan klik gambar ya.

Silahkan berkomentar