Pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak Rudal Buk Missile, Seperti apa itu?

Diposting pada

Apa itu Jenis Rudal Buk Missile buatan Rusia? Berikut ini informasi dan gambar Rudal Buk Missile yang telah berhasil menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH 17 dengan jumlah korban tewas semua penumpang dan awak pesawat.

Sudah diketahui bahwa penyebabnya adalah serangan rudal pasukan pemberontak di Ukraina yang pro kepada Rusia. Gambar dan video puing pesawat pun sudah banyak beredar di dunia maya, seperti media online, sosial media dan youtube.

Kembali Malaysia berkabung dengan musibah ini. Namun sampai berita ini di turunkan (18/7)pihak Malaysia belum berani membenarkan bahwa pesawat MAS MH 17 jatuh karena di tembak oleh rudal.

Nah, seperti apakah Rudal Buk Missile itu?

Menurut sumber wawker.com menyatakan bahwa Rudal jenis ini pertama kali di gunakan tahun 1972 dan terus berkembang sejak awal 1980-an.

Mengutip laman BusinesInsider, Buk Missile merupakan rudal kendali yang di khususkan untuk menembak pesawat terbang maupun helikopter bahkan bisa menghancurkan rudal yang di tembak oleh musuh.

Dengan jarak 13 kilometer, rudal ini ditembakan dengan bantuan truk-truk besar.

Sumber lain merilis, bahwa Rudal anti udara jarak menengah buatan Rusia ini didisain untuk melindungi pasukan di lapangan maupun markas militer atau Pangkalan Udara. Rudal pengembangan dari Buk M1 dirancang untuk merontokkan fighter, bomber, rudal balistik maupun jelajah, air-launched missiles, guided aerial bombs, helikopter serta UAV/drone. Namun bisa juga digunakan untuk menghancurkan sasaran permukaan laut maupun darat. Sistem pertahanan udara yang bersifat mobile ini, mampu menghadang berbagai target yang terbang dalam ketinggian 10 hingga 24.000 meter dengan jangkauan maksimum 50 km dan dapat mengunci secara bersamaan 24 sasaran yang datang dari berbagai arah.

Anda masih penasaran?

Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar-gambar rudal tersebut dibawah ini.

2 komentar

Silahkan berkomentar