Apa Penyebab Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH17? Ini ulasannya

Diposting pada

Banyak yang memberikan spekulasi tentang jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17. Berikut ini informasi akan hal tersebut yang di olah dari berbagai sumber.
Dugaan bahwa pesawat malaysia yang jatuh adalah akibat serangan rudal keudara
Memang dikabarkan bahwa semua penumpang dan awal kapal tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut, namun sialnya, pihak Malaysia sendiri belum bisa menyimpulkan apa penyebab atau faktor yang bisa melatarbelakangi mengapa pesawat itu jatuh dan hancur berkeping-keping menjadi puing.

Seperti dimua oleh sindonews.com yang memberitakan: “Departemen Perhubungan dan Angkatan Bersenjata masih mencoba untuk memverifikasi, apakah jatuhnya pesawat itu karena konflik yang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina,” kata Wakil Menteri Transportasi Datuk Abdul Aziz Kaprawi.

“Saat ini, ada banyak informasi yang beredar di internet, sehingga kita harus memverifikasi setiap informasi,” ujarnya, seperti dikutip dari The Star, Jumat (18/7/2014). “Pemerintah Malaysia tengah menjalin kontak dengan mitra mereka dari Rusia pada saat ini,” lanjutnya.

Namun sampai berita ini diturunkan pihak MAS masih belum terbuka apa penyebab sesungguhnya.

Hal ini sama dengan sumber dari detik.com yang menyatakan bahwa MH17 diduga jatuh akibat tembakan roket di perbatasan Ukraina-Rusia. Seperti yang dilansir Reuters, Kamis (17/7/2014), pesawat tersebut membawa 280 penumpang dan 15 awak pesawat.

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, seperti dikutip dari kantor berita Interfax, Ukraina,mengatakan, pesawat tersebut ditembak jatuh di atas kawasan timur Ukraina oleh militan dan menewaskan 295 orang di pesawat tersebut.

Belum ada konfirmasi lebih lanjut dari laporan tersebut, meskipun para pejabat Ukraina mengatakan warga setempat telah menemukan puing-puing pesawat nahas tersebut.

Kemudian situs Kompas pun memberitakan sebagai berikut: Pesawat Malaysia Airlines berkode penerbangan MH17 jatuh di Ukraina dalam perjalanan dari Amsterdam, Belanda, menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Diduga pesawat ini jatuh karena tembakan rudal.

Lalu muncul pertanyaan, Kenapa pesawat Malasya Airlines MH17 ditembah? Lebih lanjut Kompas merilis bahwa  pesawat Malasya Airlines MH17 dikira sebagai pesawat Militer oleh pemberontak Ukraina. Sehingga mereka menyerangnya dan tepat mengenai sasaran. Korban pun dikabarkan semua tewas, dan juga beredar kabar adanya warga Indonesia sebanyak 11 orang.

Kabar itu di kutip dari lama voaindonesia.com yang merilis bahwa Jos Nijhuis, pejabat di bandara Schipol Amsterdam memastikan bahwa 11 di antara 295 penumpang dan awak pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina Timur adalah warga negara Indonesia.

Daftar selengkapnya penumpang pesawat Malaysia Airlines MH-17 adalah sebagai berikut, 154 orang warga Belanda, 27 Australia, 23 Malaysia, 11 warga Indonesia, 6 Inggris, 4 Jerman, 4 Belgia, 3 Filipina, dan seorang warga Kanada. Sementara 11 di antara 15 awak pesawat MH-17 adalah warga negara Malaysia.

Untuk mengetahui daftar nama yang tewas, baca lengkap disini

Silahkan berkomentar