Profil Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD, Rumor dan Biodata

Diposting pada

Siapakah Moderator debat Capres-Capwapres ke 5? Inilah profil lengkap Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD, Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) dan dilengkapi dengan rumor serta biodatanya yang berhasil silontong himpun dari berbagai sumber untuk pembaca.

Kita ketahui, bahwa debat capres yang kelima ini adalah debat terakhir menjelang masa tenang dan hari pencoblosan Presiden, 09 Juli 2014 nanti. Sebagaimana biasa, bahwa diperlukan seorang moderator debat untuk memandu jalannya acara. Ayo kita kenali lebih dekat sosok moderator debat capres ke 5 dengan membaca ulasannya berikut ini.

Siapa Prof. Sudharto P Hadi

Biografi Singkat Sudharto P Hadi

Ia adalah pria dari istri yang bernama Sri Budiarni. Beliau lahir pada tanggal 3 September 1954, bertempat di Klaten.

Menyelesaikan S1 FISIP Undip pada tahun 1979. Lalu ia pun melanjutkan studinya di Faculty of Environmental Studies,York University,Toronto,Canada tahun 1989 dengan tesis Comparative Analysis of Social Impact Assessment: Indonesia and Canada. Ia pun berhasil menyandang gelar Master in Environmental Studies (MES).

Tidak sampai disitu, Sudharto pun tidak puas dengan S2 yang diraihnya, kemuadia ia mengambil program doktornya di School of Community and Regional Planning University of British Columbia (UBC), Vancouver, Canada dengan disertasi : The Process, the Impact and the Alternatives of Industrial Development in Central Java, Indonesia (1993).

Ia suka dan fokus di area perencanaan/manajemen lingkungan, etika lingkungan dan resolusi konflik lingkungan.

Aktivitasnya yang ditemukan silontong selain sejarah pendidikannya, beliau juga menekuni bidang energi dan lingkungan sejak tahun 2006.

Selain itu, ia juga sedang merintis sebuah research project tentang Legal Empowerment dari industrial pollution di wilayah industri di Indonesia dan China dengan Van Vollenhowen Institute (VVI), Leiden University Netherlands.

Prof Dharto (nama panggilannya) resmi menjadi rektor periode 2010-2014 pada tanggal 18 Desember 2010 lalu. Lelaki kelahiran Klaten 57 tahun silam yang sebelumnya memegang jabatan Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan Undip itu mengalahkan dua pesaingnya sesama profesor, Susilo Wibowo (incumbent) dan Arief Hidayat (Dekan FH Undip).

Selain kesibukannya sebagai Rektor, ia juga menyempatkan mengajar minimal dua hari dalam seminggu.  Di S-1, ia mengajar Manajemen SDM dan Perilaku Konsumen. Sementara di S-2, dia memberi kuliah Metodologi Penelitian, Mediasi Lingkungan dan Perencanaan.

Rumor Prof. Dharto

mengenal sosok Sudharto-P-Hadi

Nama Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD bukan hanya terkenal di dalam kampus UNDIP saja, namun namanya berkibar diluar. Hal ini yang menarik untuk di jadikan bahan pembicaraan tentang sosoknya.

Jumpa dengan BPK, Lalu membatalkan pertemuan dengan Mahasiswa.

Jadi pernah suatu ketika ia berjanji kepada mahasiswa untuk berjumpa perihal menguji penelitian mahasiswa. Tapi dalam waktu yang bersamaan BPK datang ke UNDIP. Akhirnya ia membatalkan secara mendadak pertemuan dengan mahasiswa karena harus ketemu dengan orang BPK.  Atas kejadian tersebut, ia berkata:
“Padahal saya bilang oke untuk menguji di UGM. Lalu, saya batalkan mendadak rencana menguji itu. Saya merasa nggak enak sendiri,” ungkapnya seperti termuat di detik.com.

Merasa Tidak “Nyaman” Dengan Jabatan Rektor

Hal ini dirasakannya, karena banyak kebiasaannya yang dulu tidak bisa dilaksanakannya lagi ketika menjadi Rektor. Dan terkadang susah untuk kemana-mana, karena nama besarnya dikenal banyak orang.

Jadi, pernah dulu ia mau mengadakan penelitian di suatu tempat. Tujuannya hanya cuma meneliti tidak yang lain. Namun ia kaget karena ada spanduk dan baliho dengan tulisan “Selamat Datang Rektor Undip Semarang”. Melihat kejadian itu ia pun heran, setalah di cek ternyata yang membuat adalah Wakil bupati (wabup) di daerah tersebut. Padahal ia tidak mau disambut, namun sang wakil Bupati tidak mengindahkan permintaannya. Akhirnya ia harus merelakan waktu bertemu dengan sang wakil bupati itu untuk ngobrol.

Penutup

Itulah informasi tentang sosok moderator debat Capres – Cawapres Jilid V, Sabtu: 5 Juli 2014, pukul 20.00 wib. Acara debat yang di adakan oleh KPU itu, mengusung tema: “Pangan, Energi, dan Lingkungan” yang bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Bagaimanakah penampilan Prof. Dharto dalam memandu debat capres cawapres ke 5 nanti? Apakah lebih baik dari moderator sebelumnya? Kita tungga saja nanti.

Biodata

Nama Lengkap: Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD
Nama Penggilan: Prof Dharto
Agama    : Islam
Tempat Tanggal Lahir: Klaten, 3 September 1954
Istri: Sri Budiarni

Jabatan dan Aktivitasnya.

  • Rektor UNDIP periode 2010-2014
  • Country Coordinator pada Sustainable Energy and Environmental Forum yang berbasis di Kyoto University Jepang,
  • Peneliti untuk Legal Empowerment and Industrial Pollution kerja sama China dan Van Vollenhowen Institute (VVI), Leiden University Netherlands,
  • Dewan Pertimbangan Permbangunan Kota (DP2K) Semarang,
  • Pengawas Yayasan Bina Kehidupan Lestari Semarang,
  • Anggota Kelompok Kerja Forum Karst Sukolilo,

Beberapa karya tulisannya:

  • Aspek Sosial AMDAL (1995, 1997, 2001 dan 2007 Gadjahmada University Press),
  • Dimensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan (2001 dan 2005, Gadjahmada Unversity Press),
  • Dimensi Hukum Pembangunan Berkelanjutan,  Manusia dan Lingkungan (2000 dan 2009), Resolusi Konflik Lingkungan(2004 dan 2007),
  • Dimensi Lingkungan dalam Bisnis  (dengan Prof Adji Samekto),
  • Perilaku Konsumen.

Silahkan berkomentar