Elektabilitas Capres Prabowo VS Jokowi Terbaru, Siapa Menang?

Diposting pada

Berikut adalah elektabilitas dan popularitas Prabowo dan Jokowi yang terbaru untuk pembaca. Adapun informasi yang di himpun dari berbagai sumber, jika cendrung subjektif, maka semua berdasarkan sumber yang didapat. Tapi silontong akan berusaha seobjektif mungkin dalam menulis isu yang sensitif ini.

Banyak survei yang sudah di lakukan dan memberikan hasil untuk komsumsi publik. Dan antar sesama lembaga survei pun saling menjatuhkan dengan berbagai tudingan kepada lawannya. Padahal alangkah indahnya jika saling menghargai hasil survei yang ada, jika terjadi perbedaan itulah keindahan, bukan permusuhan.

Memang nama Jokowi sudah mendunia sekarang ini, dan jika di tanya siapa yang tidak kenal Jokowi, maka hampir semua rakyat Indonesia kenal dengan beliau, karena sering muncul di televisi. Lalu bagaimana dengan Prabowo? Nama Prabowo Subianto pun tidak kalah dengan nama Jokowi, akhir-akhir ini nama beliau meroket berdasarkan survei yang ada.

Untuk menentukan elektabilitas masing-masing Capres mana yang naik dan tidak, silontong hanya berdasarkan hasil survei di bulan Juni, dan di usahakan di akhir bulan Juni, karena jika menggunakan hasil suvei Mei atau awal Juni, walau ada juga hasil survei awal Juni, namun hal itu sudah tidak update lagi. Kita semua tahu bahwa tren seorang Capres bisa naik dan turun hanya dalam hitungan menit, bahkan detik.

Berikut ini hasil beberapa lembaga survei yang berhasil silontong dapatkan, dan silahkan Anda yang menilai sendiri, bagaimana elektabilitas  dari kedua capres, manakah yang memang menarik bagi rakyat dan mana yang tidak. Memang hasil survei ada yang menyatakan elektabilitas Jokowi masih di atas Prabowo, ada juga yang mempublikasikan bahwa Elektabilitas Prabowo berhasil naik dan meningkat serta menyalip Jokowi. Masing-masing klaim mempunyai argumentasi masing-masing, dan kita sebagai rakyat hanya bisa memberi penilaian berdasarkan hati nurani dan akal sehat kita saja.

Hasil survei satu, klik disini
Hasil Survei selanjutnya, klik disini
Hasil Survei kemudian, klik disini
Hasil survei terakhir, klik disini.

Memang berdasarkan hasil survei diatas bukanlah hal yang sepenuhnya benar dalam menentukan elektabilitas capres Prabowo dan Jokowi terbaru, namun hasil survei tersebut bisa kita jadikan bahan untuk berpikir mau pilih yang mana.