Berapa Kerugian Negara Akibat Korupsi TransJakarta?

Diposting pada

Rakyat harus tahu berapa uangnya yang dikorupsi. Hal ini juga berlaku untuk kasus Korupsi TransJakarta.

Kasus Korupsi tersebut terjadi tahun 2013, yakni masa Jokowi aktif sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kini jabatan gubernur itu sudah di ambil alih oleh Ahok. Dan Ahok mengaku siap jika diminta jadi saksi dalam kasus dugaan korupsi Transjakarta.

Kasus diatas sudah menyeret 4 nama pajabat di Pemprov DKI Jakarta, mereka adalah (baca disini).

Bus TransJakarta yang karatan. Sangat memalukan..!!

Namun kenapa tersangka sudah ada, namun jumlah nilai kerugian negara dari korupsi TransJakarta belum juga di ketahui? Adalah Kejaksaan yang harus menyampaikan hal tersebut kepada publik. Nah apa jawaban dari Kejaksaan?

Seperti dikutip dari liputan6.com, Jaksa Agung Basrief Arief mengatakan, sejauh ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menentukan letak kerugian negara dari kasus tersebut.

“Ini sedang dimintakan untuk penghitungan, tentunya ini belum lengkap karena penyidikan belum tuntas. Tapi tetap dilakukan koordinasi,” kata Basrief di Kejagung, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Sampai berita ini diturunkan (01/07/14), belum ada informasi jelas tentang kerugian dari korupsi TransJakarta.

Sementara ada spekulasi yang mengatakan Negara diyakini merugi sebanyak Rp 15 miliar. Belakangan juga diketahui bus-bus Transjakarta yang didatangkan dari China itu banyak yang sudah berkarat. Mereka berdalih bus-bus itu berkarat karena terkena angin laut. Seperti dimuat Liputan6.com dan dikutip Silontong.com.