Ini Menu Buka Puasa Sehat ala Nabi Muhammad Saw

Diposting pada

Apa saja menu sehat buka puasa? Berikut adalah menu buka puasa cara Baginda Nabi Muhammad Saw yang banyak tidak diketahui oleh ummat Islam. Padahal kita berpuasa mencontoh nabi, tapi mengapa menu berbukanya tidak mencontoh beliau?#mikir

Sebelumnya, kita ketahui bersama bahwa di bulan puasa, sangat banyak orang yang berjualan menu berbuka puasa (tajil) di hampir setiap pinggir jalan. Bahkan ada beberapa kota yang membuat acara seperti Ramadhan Fair yang banyak menyajikan santapan berbuka puasa.

Hal diatas tentu tidak salah, karena mungkin semua itu adalah upaya untuk memeriahkan bulan yang hanya sekali dalam setahun. Dan memang kondisi diatas pun sudah menjadi budaya yang mengakar ditengah masyarakat.

Nah, kita kembali kepada topik menu buka puasa ala Nabi Muhammad Saw yang telah dibuktikan bahwa cara tersebut memang memberikan kwalitas berpuasa yang baik. Adapun menu yang favorit di santap oleh Nabi adalah:

#1. Buah Kurma (baca disini untuk mengetahui kurma berkwalitas)


#2. Air Putih

Dan setelah makan buah kurma dan minum air putih, lalu beberapa menit setelahnya nabi baru memakan menu yang lain jika tersedia. Namun ada ahli sejarah yang mengatakan bahwa setelah Nabi makan kurma dan minum air putih, nabi pun  mengambil air wudhu dan Sholat Maghrib. Wallahu’alam.

Nah, coba kita bandingkan dengan kebanyakan ummat Islam sekarang yang menu berbukanya banyak kurang banyak, bahkan terkadang berlebihan sehingga mubazir. Sekali lagi silontong tidak menyalahkan kita berbuka dengan menu yang lain, tapi tidak salah juga jika kita mencontoh cara Nabi Muhammad dalam menu buka puasanya.

  • Beberapa argumentasi mengapa Nabi berbuka puasa dengan air putih dan kurma saja, baca disini
  • Baca juga agar tahan dalam berpuasa klik disini