Merokok dan Mengapa Bisa Kecanduan?

Diposting pada

Banyak orang yang sudah kecanduan merokok sehingga tidak bisa berhenti. Walau sudah banyak kampanye tentang bahaya rokok tetap saja tidak mempan juga.

Berikut ini adalah alasan mengapa orang yang sudah merokok begitu susah berhenti.

Bahaya rokok bagi kesehatan

Bahan yang ada di rokok itu mengandung nikotin, dan nikotin tersebut adalah zat yang sangat adiktif atau bisa menyebabkan orang yang merokok menjadi ketergantungan (candu).

Nikotin memberikan pengaruh yang kuat tentang keseimbangan kimia kepada otak, lebih spesifik lagi dopamine dan norepinephrine, cairan kimia otak yang mengendalikan rasa bahagia dan rileks.

Nah, ketika efek nikotin mulai bereaksi, lalu level mood dan konsentrasi perokok menjadi berubah. Perokok akan merasakan kenikmatan yang menyenangkan.

Proses perubahan itu terjadi begitu cepatnya. Pada saat seseorang menghisap rokok atau merokok, pada saat itu juga nikotin akan langsung menuju ke otak, dan efeknya akan langsung bereaksi. Atas dasar  tersebut, kenapa perokok begitu menikmati efek dari nikotin dan langsung menjadi ketergantungan terhadap efek tersebut.

Pada waktu yang sama, ketika terjadi ketidakseimbangan kimia di otak akibat jumlah dopamin dan norepinephrine yang berlebiham, maka otak bekerja untuk menyeimbangkannya. Sebuah sistem pertahanan yang otomatis ini akan mengeluarkan bak kimiawi “anti-nikotin”. Cairan kimia “anti-nikotin” ini membikin seseorang merasa depresi, kondisi mood menurun, serta tidak tenang ketika tidak merokok. Hal seperti ini menjadi penyebab seseorang ingin lagi menhisap rokok untuk kembali merasa rileks.

Perlu diketahui bahwa nikotin membuat bentuk ketagihan yang akut, hal ini yang terus membuat seseorang ingin terus merokok, walau pun orang tersebut telah memilih untuk berhenti merokok. Tingkat ketergantungan terhadap rokok dan nikotin begitu kuat. Ada penelitian menyatakan bahwa nikotin bisa lebih adiktif daripada jenis obat-obatan terlarang lain.

Walau kini pemerintah sudah membuat peraturan yang mengharuskan kotak rokok melampirkan gambar yang menyeramkan melalui PP 109 tahun 2012. Namun beberapa pihak masih meragukan upaya ini akan berhasil. Tapi mungkin itulah kerja pemerintah, biar di katakan sudah bekerja.
Ayo komentar Anda..

Silahkan berkomentar