Jokowi Gagal Memainkan Isu Agama di Pilpres 2014

Diposting pada

Isu agama memang menarik untuk di jadikan dagangan dalam pencitraan seorang calon Presiden. Dan Jokowi memahami betul isu ini begitu strategis. Indonesia dengan mayoritas pemeluk agama Islam tentu adalah suara yang harus diperhitungkan.

Dalam beberpa momen terlihat Jokowi dan tim suksesnya memainkan isu agama untuk menarik simpatik, seperti Jokowi lagi sholat di jepret kamera, Jokowi lagi jadi imam sholat di rekam dama video (bacaan Al Fatihah Jokowi salah ketika jadi imam, lihat disini) dan diunggah ke Youtube. Juga yang masih lekat dingatakan kita sewaku pengambilan nomor di KPU, Jokowi terdengar menggunakan kata mukaddimah dalam bahasa arab (walau belepotan), tapi Jokowi tetap percaya diri.

Kejadian ini tentu aneh, mengapa? Karena jarang-jarang hal itu dilakukan, kini dilakukan secara massif. Tentu kalau bukan untuk pencitraan, ya untuk apalagi.

foto - foto Jokowi sedang Sholat di jepret sama orang melalui kamera

Dari semua kerja keras Jokowi dan Tim suksesnya dalam memainkan isu agama apakah dinilai berhasil?
Ternyata dikatakan bahwa Jokowi Gagal memainkan isu ini. Adapun beberapa alasannya sebagai berikut:

  1. Tim sukses Jokowi pernah meminta semua relawan dan kader untuk mengawasi masjid, terutama isi materi-materi dalam khutbah Jum’at.

  2. Melalui Tim Advokasi Jokowi-JK, Trimedya Pandjaitan menyatakan bahwa akan menghapus Peraturan Daerah (Perda) Syariat Islam. (baca lengkap disini )

  3. Juga ada pernyataan Tim Kampanye Jokowi-JK yang akan menghapus kolom agama dalam KTP dengan alasan agama adalah urusan pribadi. Namun hal ini akhirnya di bantah oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menyatakan bahwa itu hanya pendapat pribadi saja.

Sebenarnya banyak yang aneh dalam Jokowi-JK memainkan isu agama. Apa lagi kita lihat sekarang istrinya, Iriana sangat sering mengenakan jilbab kemana-mana. Lha, kok tidak Megawati aja pakai jilbab diikuti oleh Puan Maharani dan semua pendukung Jokowi-JK menggunakan Jilbab?#mikir

Inilah jika agama Islam tidak di pahami dengan benar, sehingga agama hanya di gunakan ketika jadi Capres saja, yang terjadi bukannya simpatik, tapi malah jadi malah menjadi boomerang. Dan akhirnya Jokowi Gagal dalam memainkan isu agama di Pilpres 2014 ini.

sumber:

_http://nasional.inilah.com/read/detail/2111459/risiko-politik-jokowi-bermain-agama

Silahkan berkomentar