6 Cara Memilih Kurma yang Terbaik dan Berkualitas

Diposting pada

Bagaimana cara memilih kurma yang baik dan berkualitas? Beriku t ini ada 6 Cara/tips Memilih buah Kurma yang terbaik serta berkualitas, sehingga kita bisa menikmati sensasi memakan kurma yang sempurna.

Selain kaya akan gizi, buah kurma menjadi tren ketika bulan Ramadhan tiba, banyak orang yang berburu buah kurma, baik untuk di jual atau di komsumsi.

Dipasar tradisional dan pasar daring sudah pasti akan banyak di jumpai orang yang jualan kurma. Nah bagi Anda yang ingin membeli kurma, jangan sampai salah dalam memilih, cara berikut ini bisa menjadi panduan dan tips Anda dalam memilih  buah kurma yang terbaik serta kerkualitas.

Kurma Anggur dalam kotak via Facebook

1. Pilihlah kurma masih ada batang di bagian bawah

Karena batang yang masih utuh tersebut dipercaya dapat mempertahankan rasa manis buah kurma. Namun jika Anda bisa menemukan kurma yang masih lengkap dengan tangkai, hal ini lebih baik. Namun kurma yang selalu ada batang dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari pada kurma pada umumnya.

2. Guratan Pada kurma

Dipercaya bahwa guratan – guratan kecil, itulah kurma yang terbaik. Dan kurma dengan guratan kecil adalah kurma yang di makan oleh Nabi Muhammad Saw, dimana diketahui kurma yang paling mahal adalah jenis kurma yang persis di makan Nabi.

Kurma jenis ini dikenal dengan sebutan kurma Ajwa yang mejadi kurma kesukaan Nabi Muhammad Saw.

3. Warna kurma

Warna kurma tidak dapat di bohongi, karena hanya memiliki dua warna saja, yaitu: warna merah dan kuning. Selain kedua warna tersebut, terindikasi bahwa kurma sudah di fragmentasi sehingga warnanya jadi kehitaman atau coklat.

4. Warna Cerah

Kurma mempunyai warna yang alami dan cerah. Kita tentu bisa membedakan mana yang alami dan mana yang tidak. Kita harus hati – hati kurma yang di beri zat pewarna yang hampir bisa menyerupai warna asli kurma.

Zat pewarna akan sangat berbahaya terhadap tubuh manusia. Dampaknya buka tanggung – tanggung lho. Mengetahui lebih dini adalah pilihan yang bijak.

5. Kulit Luar Kurma Masih tampak bagus

Nah, untuk yang ini tentu sangat mudah di ketahui. Kurma yang kulit luarnya sudah tidak bagus dapat mempengaruhi rasa. Biasa karena himpitan yang bisa membuat kurma memliki kulit yang rusak. Usahakan Anda selalu memilih buah kurma yang kulitnya masih terlihat baik dan bagus.

6. Kurma akan mudah dihampiri binatang

Anda tentu harus hati-hati jika kurma tidak di datangi oleh binatang sejenis semut atau lalat. Manisnya kurna selalu mengundang hadirnya semut untuk mendekat. Jika semut tidak mau mendekat, maka bisa terindikasi kurma sudah tidak alami atau mengandung zat tertentu. semut adalah binatang yang suka dengan suatu hal yang alami.

Pembaca sekalian..

Itulah beberapa tips atau cara untuk memilih dan mendapatkan buah kurma yang terbaik dan berkualitas. Semoga bisa membantu Anda untuk selalu memakan buah kurma di bulan puasa, ketika berbuka dan sahur. Ingin puasa tetap sehat? (baca panduannya di sini).

Demikianlah informasi ini silontong kabarkan. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan Anda berikan komentar ya. Terima kasih

referensi:

_http://www.okefood.com/read/2013/07/17/299/838424/empat-ciri-kurma-berkualitas

Silahkan berkomentar