Profil Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia

Diposting pada

Inilah profil Mirza Adityaswara Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2014-2019 yang bulan Juli 2014 dipilih oleh anggota DPR RI.

Banyak tugas besar yang diemban beliau, di samping rupiah yang terus melemah, juga ancaman krisis dunia yang selalu menghantui perekonomian negara Indonesia. Berikut sekilas profil dan karir Mirza Adityaswara.

Profil Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang baru
Beliau lahir di kota Surabaya pada tahun 1965. Mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Selanjutnya ia mendapat kan gelar Master of Applied Finance dari Macquarie University, Sydney, Australia.

Karir yang beliau awali adalah sebagai Dealer di Bank Sumitomo Niaga pada tahun 1989. Dalam waktu tahun 2002 hingga Oktober 2005, Director, Head of Securities Trading & Research, Bahana Sekuritas adalah jabatannya, selanjutnya tepat di bulan November ditahun yang sama beliau dipromosikan menjadi Director, Head of Equity Research & Bank Analysis di Credit Suisse Securities Indonesia.

Selama kurun waktu tahun 2008 sampai dengan 2010, Mirza bekerja sebagai Managing Director, Head of Capital Market, Mandiri Sekuritas, sekaligus sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri Group.

Beliau menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan sejak bulan April tahun 2012 ditugaskan sebagai Kepala Eksekutif LPS sekaligus Dewan Komisioner. Selanjutnya, sesuai dengan Keputusan Presiden RI No.113/P Tahun 2013 tanggal 30 September 2013, diambil sumpahnya sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada tanggal 3 Oktober 2013. Masa jabatan Mirza Adityaswara sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia adalah untuk periode 2013 – 2014.

Dan kini di tahun 2014, Belia terpilih kembali menjadi Deputi Gubernur Senior BI untuk tahun 2014-2019. Keputusan itu perpanjangan jabatannya di BI berdasarkan kesepakatan melalui musyawarah mufakat antar fraksi dalam Komisi XI. Beliau adalah calon tunggal ketika itu.

Demikian informasi tentang Profil Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) yang baru ini di sampaikan. Semoga bermanfaat.

sumber:
_http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/dewan-gubernur/Contents/mirza.aspx
_http://jambi.tribunnews.com/2014/06/17/mirza-adityaswara-jadi-deputi-gubernur-senior-bi

Silahkan berkomentar