Adakah Bisnis Lewat Internet Dengan Tanpa Modal Uang?

Diposting pada

Jika kita kreatif, maka bisnis lewat internet bisa tanpa modal di lakukan. Dan banyak sudah orang yang sukses dengan modal kreatif. Masalah modal dalam bisnis, apakah bisnis online atau offline adalah masalah dari zaman “baholak” (baca:dulu) sampai kini. Dari zaman Romeo dan Juliet sampai zaman Habibie dan Ainun.

Sangat banyak pebisnis pemula yang mundur teratur untuk memulai bisnis hanya karena masalah modal uang. Akhirnya lebih memilih untuk mencari kerja dan jadi karyawan di sebuah perusahaan atau di lembaga pemerintahan, alias menjadi PNS. Dan tidak sedikit yang setia menjadi pengangguran.

Nah, bagi Anda apakah bisa melakukan bisnis online lewat internet tanpa modal uang? Padahal kita tahu bahwa untuk online saja sudah memerlukan yang namanya uang. Kalau kita mau nge-net di rumah, maka kita harus ada komputer atau laptop yang terkoneksi internet. Alat untuk menghubungkannya di namakan wifi atau modem. Kedua alat tersebut juga membutuhkan uang untuk memilikinya. Oke, kita bisa pake modem dengan jaringan gratis, misal di cafe atau kantin. Tapi yang namanya kita datang ke Cafe kalau tidak makan atau mimun, maka ada perasaan bersalah juga kepada si Empunya :).

Kebanyakan orang online di internet pake modem, seperti Smartfren, Aha dan masih banyak lagi yang lain. Intinya butuh duit.

Okelah semua bisa kita akalin dengan pinjam punya saudara atau teman, sehingga kita hanya modal listrik saja di rumah. Tapi kan tetap pakai uang juga 🙂

Kesimpulan sementara bahwa Bisnis Lewat Internet Dengan Tanpa Modal Uang bisa di katakan tidak ada. Karena dari perangkat keras dan lunak semua pakai duit. Tapi kalau di pahami bersama bahwa maksud modal itu adalah bukan yang di bahas di atas, maka akan lain ceritanya. Berikut akan kita ulas ceritanya.

Menggunakan internet untuk berbisnis tanpa modalMenurut sumber, dan pengalaman saya (baca disini: Cara Saya Dapatkan Dollar) memang ada beberapa bisnis online atau bisnis yang menggunakan internet tidak pakai modal dalam artian modal uang yang besar. Ya bisa di katakan hanya modal sedikit saja uang di keluarkan. Namun bisa mendapatkan uang yang lumayan.

Misal kita ambil contoh bisnis Pay Per Click (PPC), yaitu bisnis periklalan online, di mana kita sebagai orang yang mempunyai website atau blog di pasang iklah dari PPC. Berapa modal untuk menjalankan bisnis PPC ini?

Menurut pemahaman saya, kita sebagai orang yang mau menjalankan bisnis ini akan di hadapkan pada pilihan mana yang suka. Kalau mau pakai modal uang banyak juga bisa, kalau mau pakai modal dikit juga bisa. Semua di kembalikan kepada kita.

Misal, untuk menjalankannya dengan modal sedikit, adalah seperti blog ini. Yang menggunakan domain gratis dari WordPress. Apakah saya ada keluar modal? Tidak, karena saya pakai domain gratis dan nanti kalau sudah banyak pengunjung blog ini, baru saya akan membeli domain berbayar. Saya pikir cara ini cukup aman.

Ya menurut prediksi saya, jika blog ini nanti sudah memiliki pengunjung 100 perhari, maka akan saya daftarkan domainnya dalam bentuk COM,NET,ORG atau yang lain. Setelah itu sedikit di optimasi lagi sampai jumlah pengunjung 500-an baru saya mendaftar ke PPC dari WordPress yang bernama WordAds.

Namun, tidak sedikit pula para blogger yang menjalankan bisnis lewat internet dengan uang keluar duluan, seperti beli domain, beli hosting, bayar penulis, dan yang lainnya. Apakah cara ini salah? Ya tentu tidak salah, asal perencanaan bisnis online jelas dan terukur. Buktinya banyak juga yang sukses kok dengan cara begitu.

Kesimpulan akhir dari tulisan Adakah Bisnis Lewat Internet Dengan Tanpa Modal Uang? Tentu saja jawabannya ada, tapi jika kita memilih untuk keluar modal di awal juga ya, tidak masalah dan semua itu di kembalikan kepada kita.

note: Jika ada yang kurang jelas atau mau mengajukan kritik atau saran, silahkan tulis di kolom komentar ya :).

1 komentar

Silahkan berkomentar