4 Pengertian Teknologi Pendidikan dan Tujuannya

Diposting pada

Inilah Pengertian atau definisi tentang teknologi pendidikan yang bermanafaat bagi pembaca. Dalam penulisan pengertian teknologi dan pendidikan ini, penulis berusaha mencari beberapa sumber, agar lebih kaya tentang pengertian tersebut.

Bagi Anda yang memerlukan isi artikel ini, apakah seorang guru atau mahasiswa, maka sebaiknya tidak asal mengutip saja, karena Anda harus membandingkan dengan data dan informasi yang lain. Bukankah zaman sekarang ini mencari informasi sudah semakin mudah?

Oke, berikut adalah beberapa pengertian teknologi pendidikan yang saya temukan.

Daftar Isi (silahkan di klik)

1.Pengertian dan Defisni Teknologi Pendidikan
2.Tujuan Teknologi Pendidikan
3.Kesimpulan

Ini contoh teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran

.
Pengertian dan Defisni Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai.

Dalam arti sempit teknologi pendidikan adalah media pendidikan, yakni teknlogi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif, efisien dan berhasil guna.

Selain dari definisi di atas, saya juga mengutip pengertian dari beberapa ahli yang memberikan pendapat tentang  pengertian atau definisi dari teknologi pendidikan. Berikut perkataan menurut para ahli.

(AECT) Association for Educational Communication and Technology

Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu denga melibatkan peralatan, ide, prosedur, orang dan organisasi untuk menganalisis permasalahan, menemukan problem solving, melakukan evaluasi serta mengelola pemecahan masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia.

Tom Cutchall (1999)

Definisi menurut Cutchal ini sama seperti definisi AECT 1994. Dia menekankan bahwa teknologi pembelajaran merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia.

Dari banyaknya perngertian di atas dan belum lagi di masukkan pengertian dari buku atau dari referensi yang lain. Manakah pengertian teknologi pendidikan yang terbaik? Pertanyaan yang susah untuk di jawab. Tapi yang terpenting semua pendapat tentang teknologi pendidikan bisa di jadikan referensi dalam belajar. Dan yang terpenting lagi, bagaimana di semua pendidikan Indonesia sudah memadukan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga jangan ada lagi terdengar guru yang gagap teknologi.

Kembali ke halaman atas

.
Tujuan Teknologi Pendidikan

Setelah membahas tentang pengertian, sekarang akan kita ulas tantang tujuan teknologi pendidikan itu sendiri.

Jika kita telusuri secara mendalam, maka dapat di simpulkan bahwa tujuan teknologi pendidikan secara umum adalah: untuk memecahkan masalah belajar, untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.

Berikut ulasannya:

#1. Untuk memecahkan masalah belajar

Selama ini belajar adalah sebuah masalah bagi guru dan murid. Banyak murid yang tidak bisa konsentrasi dalam belajar, sehingga ilmu yang di sampaikan oleh guru tidak dapat dicerna oleh murid. Belum lagi di tambah dengan kondisi ruangan yang tidak rapi penataannya.

Di lain sisi, ada guru yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Sehingga ilmu pengetahuan yang ada pada guru tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada murid.

Dari problem diatas, maka di harapkan dengan adanya teknologi pendidikan bisa menjawab masalah tersebut.

#2. Untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.

Guru mengajar dengan menggunakan kapur memang masih bisa memberikan pemahaman kepada murid. Tapi jika di bandingkan guru menerangkan dengan LCD Proyektor, mana yang lebih efektif? Tentu dengan  teknologi LCD Proyektor. Sebab akan banyak pesan multimedia dan visual yang memberikan ilmu pengetahuan dan mudah di cerna oleh murid. Seperti contoh: Guru mengajar tentang proses terjadinya hujan, maka dengan di perlihatkan video proses terjadinya hujan, murid akan cepat nangkap ilmu pengetahuan tersebut.

Hal tersebut yang bisa dijadikan sebagai maksud tujuan teknologi pendidikan sebagai meningkatkan kinerja pembelajaran. Dan mungkin dalam aspek lain masih banyak lagi.

Kembali ke halaman atas

.
Kesimpulan

Dari tulisan saya di atas, maka dapat di simpulkan bahwa teknologi pendidikan mempunyai peran yang penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Teknologi pendidikan berperan sebagai alat bantu (tools) bagi proses pembelajaran agar efektif dan efisien.

Demikian artikel tentang pengertian atau definisi teknologi pendidikan dan tujuan teknologi pendidikan ini saya tulis, dan semoga memberikan manfaat. Akhirnya saya mohon maaf jika ada kesalahan yang terjadi dalam penulisan ini.

Kembali ke halaman atas

referensi:
(wikipedia)
_http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/05/pengertian-teknologi-pendidikan.html

Silahkan berkomentar