22 Alat- alat Komunikasi Tradisional dan 18 Modern serta Fungsinya

Diposting pada

Berikut adalah macam-macam alat komunikasi yang tradisional dan yang modern.  Jumlahnya ada banyak sekali, sesuai dengan perkembangan zaman yang terus dinamis. Hampir setiap waktu terus ada penemuan terbaru terkait dengan alat komunikasi.

Alasan kami menyajikan informasi alat komunikasi tradisional dan modern karena tinggi peminat orang yang ingin tahu, baik mereka yang sedang belajar di sekolah formal, maupun yang informal. Selain itu, fungsi dari alat komunikasi tidak bisa dilepaskan dari manusia dalam berhubungan, baik dalam keluarga, sosial dan masyarakat. Bahkan dengan adanya revolusi informasi, berkomunikasi tidak hanya sebatas daerah saja. Komunikasi jarak jauh sudah menjadi tren di era sekarang ini.

Sebenarnya di internet sudah banyak blog atau media yang menyajikan tentang nama – nama alat komunikasi. Namun kami rasa itu belum cukup. Semakin banyak informasi akan semakin baik dalam proses pembelajaran.

Dari sekian banyak waktu yang kami gunakan untuk mengumpulkan apa saja alat komunikasi tersebut, maka sesuai dengan judul bahwa alat komunikasi terbagi menjadi dua, yaitu alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern.

Baca : Perkembangan Alat Komunikasi Dari Masa ke Masa

Keberadaan alat komunikasi tradisional sudah mulai ditinggalkan. Kalau pun ada yang menggunakannya, hanyalah mereka dari kalangan masyarakat tertentu saja.

Untuk memudahkan pembaca, kami kelompokkan berdasarkan kriteria alat komunikasinya. Dan yang pertama disampaikan adalah alat komunikasi tradisional. Simak informasinya berikut ini.

22 Alat- alat Komunikasi Tradisional

Sedikit yang perlu disampaikan terkait dengan alat komunikasi tradisional yang bila dijabarkan adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi pada orang zaman dahulu kala. Dimana sentuhan teknologi masih sangat sedikit. Berikut nama-namanya.

1. Alat yang bernama Kentongan

Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai meda komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Informasi pasti tentang sejarah kentongan tidak di temukan dengan pasti, namun yang pasti bahwa kentongan ini di kenal sebagai alat komunikasi tradisional.

Apakah sekarang masih ada yang namanya kentongan?

2. Daun Lontar dari sebuah pohon

Sumber: Wikipedia

Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan. Selain itu, Para raja zaman dulu, menggunakan daun lontar untuk menulis maklumat atau pengumuman kepada rakyatnya.

Baca : 5 Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

3. Lonceng yang mengeluarkan bunyi

Sumber Gambar : Istimewa

Saya teingat ketika sekolah dulu, dimana intruksi untuk masuk, keluar bermain atau istirahat, dan pulang terjadi ketika ada suara lonceng sekolah. Nah, selain sekolah, rumah ibadah seperti gereja juga menggunakan lonceng untuk informasi komunikasi tertentu kepada penganut agamanya.

4. Hewan yang bernama Merpati Pos

Gambar: Google

Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang dulu. Bahwa untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi. Maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada.

5. Telepon Kaleng yang terhubung dengan benang

Gambar: Istimewa

Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.

6. Surat Kertas

Gambar: WordPress

Media surat masih tren sampai sekarang, namun orang dulu masih menggunakan surat dengan cara menulis di kertas atau di daun. Dan butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerimanya. Kadang bisa sebulan atau lebih, semua di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.

7. Terompet yang bisa menghasilkan suara

Walau setiap malam tahun baru masehi selalu banyak orang yang menggunakan terompet, namun alat ini masih termasuk dalam alat komunikasi tradisional. Sejarahnya sejak zaman bani israel sudah ada alat ini.

Terompet hampir sama dengan lonceng, yakni sebagai media penyampai informasi kepada masyarakat jika ada pesan penting. Mungkin terompet adalah simbol dari Israel dan lonceng adalah simbol dari gereja.

Baca : Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Daring?

8. Asap yang keluar dari api

Aneh tapi nyata. Memang sebagian oang dulu memakai asap sebagai alat komunikasi. Mungkin ini mistik atau gaib, namun ternyata memang efektif ketika dulu kala.

Untuk proses pembuatan asapnya penulis tidak tahu persis. Apakah asap di bakar lalu dibacakan mantra tertentu atau kayu di bakar dan menghasilkan asap begitu saja.

9. Prasasti yang di tulis

Prasasti Kuno. Gambar: Wikipedia)

Sebagai menandakan tempat atau lokasi tertentu, zaman dulu membuat prassati sebagai tanda. Zaman dulu biasanya batu yang di jadikan tempat untuk menulis prasasti.

Nah sekaang ini prasasti masih di gunakan oleh kita. Tapi prasasti itu di tulis di atas batu keramik dan lebih rapi.

10. Telegraf

Telegraf (Blogger)

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi menurut_http://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf.

Alat tersebut walau cara kerjanya menggunakan listrik, tapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.

11. Gong

Gong. (Gambar: WordPress)

Untuk meresmikan suatu acara biasanya gong di gunakan pada zaman dulu dan sampai sekarang. Gong termasuk alat klasik yang masih di lestarikan oleh masyarakat Indonesia. Ini terlihat dengan seringnya pemerintah meresmikan acara dengan memukul gong.

12. Gamelan musik

Alat musik Gamelan. (Gambar: Google)

Alat yang terkenal dari suku jawa ini, selain sebagai alat musik, di fungsikan juga sebagai alat komunikasi tradisonal. Biasa dalam acara terntetu tidak lengkap jika tidak ada lalat yang bernama gamelan.

Baca : Pengertian Tentang Komunikasi Daring, Fungsi dan Jenisnya

13. Gendang

Alat musik gendang. (Gambar: Istimewa)

Gendang juga berfungsi sebagai alat musik yang di gunakan sebagai alat komunikasi tradisional. Sama seperti gong, alat gendang ini masih ada dan selalu di gunakan untuk acara tertentu, seperti ada pertunjukan musik, maka gendang ikut berperan sebagal instrumen musik.

14. Terompet Keong

Alat musik tiup Keong. (Gambar : Otonomi.co.id)

Terompet memang ada 2 jenis yaitu terompet biasa dan terompet keong. Kedua alat ini sama-sama di namakan terompet. Namun bentuknya yang membedakan. Alat terompet keong lebih mirip bentuknya seperti keong. Tapi untuk sekarang bisa di katakan sebagai barang yang langka.

15. Peluit

Peluit. (Gambar: Ist)

Alat ini di gunakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Di olahraga banyak di gunakan oleh wasit. Seperti olahraga sepak bola, di mana seorang wasit akan membunyikan pluitnya untuk berkomunikasi dengan pemain bola.

16. Anggota tubuh yang bernama Tangan (isyarat tangan)

Gambar: pakepe.com

Anggota tubuh yang bernama tangan zaman dulu digunakan untuk komunikasi antar sesama manusia. Tangan bergerak sebagai isyarat saja, namun lawan komunikasi bisa memahami apa yang di maksudkan dengan grakan tangan tersebut.

17. Bendera

Bendera selain simbol dari sebuah negara, bisa juga di gunakan sebagai media komunikasi untuk pesan tertentu. Misal penaikan bendera atau penurunan bendera dalam kondisi perang memiliki makna tertentu.

Alat komunikasi yang bernama bendera termasuk alat komunikasi tradisional yang masih di gunakan sampai detik ini. Bukan hanya sebuah negara, organisasi massa atau politik pun mempunyai bendera.

Baca : 20 Tujuan Komunikasi Daring Yang Penting Diketahui

18. Benda yang bernama Lampu (Sandi Morse)

Lampu di gunakan sebagai memberitahukan pesan atau komunikasi kepada orang lain atau publik. Biasanya lampu ini sebagai sandi saja.Seperti lampu mercusuar yang ada di laut. Atau lampu yang ada bandara polinia. Bahkan sampai sekarang lampu lalu lintas juga sebagai alat komuniasi bagi pengguna jalan.

19. Api Unggun yang menyala

Jika tadi asap, sekarang api unggun yang juga mempunyai peran yang di gunakan dan di akui oleh masyarakt zaman dulu sebagai alat komunikasi juga.

20. Hewan yang bernama Anjing

Gambar: Tahupedia

Bintang selain merpati, ternyata anjing juga termasuk alat komunikasi klasik. Memang anjing bisa membantu manusia dalam hal tertentu. Bahkan aparat kepolisian juga memakai anjing dalam operasi terntentu. Keberadaan anjing memang menjadi perbedaan pendapat, ada yang membolehkan untuk dipelihara dan ada yang melarang untuk di pelihara.

21. Bel yang mengeluarkan suara mirip Terompet

Bel yang menghasilkan suara seperti terompet menjadi alat komunikasi tradisional juga. Hanya suaranya saja yang mirip terompet, namun bentuk alat ini tidak mirip.

22. Tongkat

Infomasi terkait dengan Tongkat yang dikenal sebagai alat Komunikasi
Tongkat Nabi Musa as via Steemit.com

Dalam beberapa instruksi yang sifatnya formal, tongkat menjadi alat komunikasi tradisional pada masa lalu. Kita mengenal bahwa tongkat sering dipakai oleh beberapa raja. Setiap raja mengangkat tongkat pasti ada kode informasi kepada pengawal atau orang sekitar raja. Hentakan tongkat 2 kali berbeda maksud dan tujuan dengan hentakan tongkat 3 kali. Terlepas dari perbedaan itu, yang pasti pada masa lalu, tongkat menjadi media komunikasi.

Demikianlah informasi tentang macam-macam alat komunikasi tradisional. Sebagian alat musik tradisional Indonesia kenapa ada yang termasuk? Ya, karena ternyata fungsinya tidak hanya sebagai penghibur, namun juga masyarakat dikala itu memfungsikannya sebagai media untuk berkomunikasi.

Video terkait alat komunikasi tradisoinal:

Ok, sekarang kita akan beralih ke pada alat komunikasi yang sudah modern, berikut informasinya.

Alat Komunikasi Modern

Pada alat komunikasi modern sudah banyak dipakai oleh generasi sekarang yang jenisnya banyak varian. Dengan sentuhan teknologi, sistem komunikasi modern jadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini daftar nama -nama alat komunikasi modern.

1. Telepon

Telephone (gambar: Blogger)

Telepon termasuk alat komunikasi yang di golongkan modern. Karena sudah menggunakan teknologi yang cukup canggih. Antar kota, antar negara sudah bisa saling berkomunikasi dengan melalui telepon dengan cepat.

2. Handphone atau Telepon genggam

Handphone (Gambar: Okezone)

Handphone atau telepon genggam adalah sebuah terobosan dalam komunikasi masyarakat modern. Di mana orang bisa saling berkomunikasi di mana saja, asal ada sinyal yang bisa menghubungkan. Saat ini sudah banyak merek – merek terkenal yang memproduksi handpohe, karena memang pasarnya terus berkembang.

Baca : Inilah Jenis-Jenis dan Komunikasi Daring dan Macamnya

3.Media Koran

Koran ( Gambar: Bobo.ID )

Media yang satu ini menjadi media atau alat komunikasi modern yang punya kegunaan sebagai alat komunikasi, penyampaian pesan atau iklan sebuah usaha atau perusahaan. Selain itu koran selalu memberitakan informasi atau kejadian yang berhubungan dengan sosial, budaya, hukum, politik, teknologi dan masih banyak lagi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, peran koran bukan lagi hanya di baca dalam bentuk cetak. Kini koran versi digital sudah banyak di temukan di internet.

4. Televisi

Televisi ( Gambar: Google )

Televisi (TV) menjadi media komunikasi modern yang sekarang hampir setiap rumah memiliki “kotak ajaib” tersebut. Dengan adanya TV, banyak orang bisa mengetahui informasi berita dan bisa menonoton tayangan lain yang memberikan aspek edukasi atau hiburan.

TV juga sebagai sarana membangun kebersamaan antar keluarga di rumah.

5. LCD Proyektor

LCD Proyektor ( Gambar: Google )

Alat ini mempunyai kegunaan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan atau pesan yang biasa di pakai di sekolah, kampus atau dalam acara seminat atau training. Biasanya alat  ini bisa terhubung dengan PC atau laptop. Kehadiran alat menjadikan pesan yang di sampaikan menjadi efektif dan mudah di mengerti oleh peserta atau murid di sekolah.

6. PDA

PDA ( Gambar: Google )

PDA atau Personal Digital Assistant adalah sebuah alat yang bisa membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Banyak data yang penting bisa di simpan dalam PDA. Fungsi PDA hampir sama dengan komputer atau laptop, hanya saja PDA lebih kecil ukurannya.

7. Faksimili

Faksimili ( Gambar: Blogger )

Dengan mesin Faksimili, maka pesan dalam bentuk kertas akan bisa sampai kepada tujuan. Alat komunikasi ini sebagai alat yang banyak di gunakan di perkantoran atau sekolah. Bisa data dalam bentuk teks dan suara.

8. Radio

Raio ( Gambar: FreePNGImg )

Selain televisi, ada radio yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang hanya terdengar suara saja. Banyak siaran radio yang bisa di nikmati oleh manusia, biasanya radio menyajikan informasi berita, musik, diskusi yang bisa di dengar saja.

9. Komputer/ Laptop/ Tablet

Komputer, Laptop, Tablet ( Gambar: Google )

Komputer/ Laptop/ Tablet telah memberikan warna baru bagi dunia telekomunikasi. Dengan alat tersebut banyak hal yang bisa dikerjakan, dari mulai menulis, menggambar, membuat video dan yang lain. Dari sisi hiburan komputer juga bisa. Kita bisa melihat film ,mendengar musik, bahkan bisa juga menonton televisi.

Hal yang wajar jika Komputer/ Laptop/ Tablet di katakan sebagai alat komunikasi yang modern.

10. Jaringan Internet

Jaringan internet ( Gambar: Google )

Kehadiran internet membuat hubungan manusia semakin dekat dan mudah. Dengan internet banyak orang bisa berkomunikasi dan saling bertatap muka, walau beda negara. Dengan internet banyak orang bisa mengakses informasi berupa berita, tips, artikel, video dan yang lain.

Internet telah merevolusi gaya hidup banyak orang dalam berkomunikasi. Apalagi sekarang zamannya sosial media, dimana orang bisa dengan cepat mencari dan berkomunikasi dengan teman lama.

11. Microfon

Microfon ( Gambar: Google )

Biasa orang banyak menyebutnya mic. Berfungsi untuk di dalam keramaian supaya semua orang bisa mendengar apa yang di ucapkan oleh pembicara, maka di butuhkan Microfon.

Dan perkembangan mic pun sudah kian pesat, sekarang sudah mic yang menggunakan nirkabel. Dengan jarak 10 atau 20 meter mic bisa terhubung dengan sound atau pengeras suara.

12. Radar

Radar ( Gambar: Navsar )

Suatu alat yang bisa mengtahui dimana posisi orang atau benda. Radar memberikan sinyal atau informasi yang akurat tentang apa yang di inginkan oleh manusia.

13.Handy talky

Handy Talky ( Gambar: Google )

HandyTalky adalah alat berkomunikasi dengan mengunakan sinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya untuk menghubungkan handy talky yang satu dengan handy talky yang lain menurut sumber _http://febriirawanto.blogspot.com/2012/06/pengertian-handy-talky.html. Alat ini biasa di pakai oleh satuan kepolisian atau tentara dalam bertugas. Selain kedua itu, pihak satuan pengamanan (satpam) sering memakai alat ini dalam bekerjanya.

14.Toa

Toa ( Gambar: Google )

Alat ini biasanya di gunakan oleh para orang yang lagi orasi dalam menyampaikan pendapat. Tidak terlalu besar suara yang di keluarkan dari toa, namun alat ini termasuk sebagai alat komunikasi modern yang pernah ada.

15. Modem

Modem ( Gambar: Google )

Untuk menghubungkan komputer atau laptop ke internet itulah yang bernama modem. Saat ini banyak provider yang menjual modem dengan harga yang bersaing.

16. Bluetooth

Menurut laman dari Wikipedia, Bluetooth adalah “spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.”

Dari pengertian diatas, ada kalimat yang menyatakan Bluetooth “dapat tukar menukar informasi”. Dengan demikian secara sederhana dapat disimpulkan bluetooth merupakan alat komunikasi yang diklasifikasi modern. Karena sudah ada sentuhan teknologi dalam pembuatan dan penggunaannya oleh manusia.

17. Smartwatch

Alat komunikasi Modern Smartwatch
Smartwatch via Amazon

Smartwatch merupakan sebuah jam tangan yang mempunyai banyak fitur dari smartphone. Waktu awal muncul, Smartwatch hanya bisa dipakai sebatas untuk mendengarkan lagu saja. Tetapi saat ini alat komunikasi canggih ini bisa melakukan panggilan, mengecek tekanan darah, dan browsing!

Anda dengan mudah bisa membelinya di toko – toko elektornik dikota Anda tinggal. Atau Anda dapat belanja online dari marketplace yang sudah banyak tersedia. Jika Anda khawatir dengan aksi penipuan online, silahkan cari yang ada layanan bayar di tempat atau Cash On Delivery (COD).

18. CCTV

Macam – macam Alat CCTV via sisilain.net

Arti dari kamera CCTV atau kepanjangannya Closed Circuit Television adalah sebuah kamera video digital yang berfungsi untuk memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu ruang yang kemudian sinyal itu akan diteruskan ke sebuah layar monitor. Meski sebagai kamera pengintai, dalam beberapa kejadian, CCTV dijadikan sebagai alat komunikasi atau bahan untuk mengetahui kondisi tertentu.

Video tentang alat komunikasi modern. Silahkan dilihat.

Sekarang ini, tidak hanya perusahaan yang memakai CCTV, rumah dan kedai – kedai kecil sudah menggunakannya juga. Hal ini disebabkan banyak yang membutuhkan untuk alasan keamanan.

Baca : Pengertian Komunikasi Daring

Alat Komunikasi Sederhana Yang Terlupakan

Dengan banyaknya hadir berbagai varian alat komunikasi canggih di era sekarang ini, membuat banyak orang termanjakan dengan fasilitas didalamnya. Ada yang termajakan dengan fitur kamera, fitur perekan video dan edit video, fitur bisa video call dan macam-macam fitur lainnya.

Artinya satu alat komunikasi bisa memiliki multi fungsi.
Padahal kalau kita mau saja berpikir secara simple, maka semuanya tidaklah akan seperti ini. Semua akan jadi sederhasa saja, sesuai dengan apa yang kita mau. Ya, sesuai dengan apa yang kita butuhkan, bukan kita inginkan.

Jika Anda ingin alat komunikasi hanya untuk berkomunikasi memakai suara saja, mengapa harus memakai alat komunikasi yang mahal? Banyak handphone dan sejenisya yang bisa menjawab kebutuhan Anda tersebut. Jadi semua dikembalikan kepada apa yang Anda butuhkan. Sekali lagi: apa yang Anda benar-benar butuhkan.

Sayangnya, tren manusia sekarang ini lebih kepada tuntutan gaya hidup semata. Ada sebuah kemunafikan dalam berperilaku. Butuhnya cuma sekedar komunikasi, cuma karena teman-temannya memakai alat canggih, maka terseretlah kepada gaya hidup berdasarkan keinginan. Ironi!

Apa saja alat komunikasi sederhana yang terlupakan itu?

1. Handphone

Maksud handphone disini bukan smartphone ya. Handphone yang dulu fungsinya hanya untuk berkomunikasi menggunakan suara dan SMS saja. Ini benar – benar alat komuniasi yang sederhana. Selain bobotnya yang ringan, alat komunikasi ini juga sangatlah murah harganya.

2. Telephone Kabel

Sudah banyak orang meninggalkan telephone kabel yang ada dirumah. Banyak yang beralih kepada pemakaian alat komunikasi non kabel. Padahal, telephone kabel sangat efektif untuk digunakan dalam berbicara karena tidak bisa berpindah – pindah. Hal ini berdampak kepada kita tahu dimana alat komunikasi terletak dan tidak menghabiskan waktu untuk mencarinya saat membuthkan.

Belum lagi berdampak pada kesehatan disebabkan minim radiasi yang bisa mempengaruhi otak. Anda bisa baca dampak gelombang radiasi yang sangat membahayakan bagi pemakai handpnone di Komunikasi daring.

Bagaimana?

Itulah alat komunikasi sederhana yang kami maksudkan dan penting untuk disampaikan pada kesempatan ini sebagai tambahan informasi dari alat komunikasi tradisional dan modern.

Baca : Perbedaan Alat Komunikasi Modern dan Tradisional

Akhirnya selesai juga tulisan ini. Jika Anda punya tambahan poin untuk alat komunikasi tradisional dan modern, maka silahkan tuliskan di kolom komentar.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu peningkatan wawasan pembaca. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan 22 Alat- alat Komunikasi Tradisional dan 17 Modern dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungan ke halaman ini. Jangan lupa like dan share ya ๐Ÿ™‚

21 komentar

Silahkan berkomentar