Hujan Asam: Pengertian, Sebab dan 5 Dampaknya

Diposting pada

Tulisan tentang hujan asam sangat penting untuk di tulis dalam blog ini. Karena ini berhubungan dengan teknologi. Dan kali ini akan diuraikan tentang Pengertian, sebab dan dampak yang ada dari hujan asam tersebut.

Pembaca yang budiman..

novitascout.blogspot.com
novitascout.blogspot.com

Banyak kejadian dewasa ini yang harus mendapat perhatian lebih dari kita, karena kejadian tersebut bisa memberikan ancaman yang serius. Setelah isu pemanasan global terjadi sampai sekarang dan belum bisa di atasi oleh negara manapun. Kini kita harus menghadapi suatu musibah baru, yaitu HUJAN ASAM.

Apa sebenarnya pengertian hujam asam itu?

Banyak sudah pengetian yang bisa kita dapatkan, salah satunya saya petik dari wikipedia yang menulis tentang pengertian dari hujam asam.

Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) karena karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang. http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam

Dari pengertian di atas dapat ditarik beang merah bahwa ada manfaat dari hujam asam, yakni manfaat kepada tumbuhan dan binatang. Nah lalu apa manfaat kepada manusia? Mungkin di lain kesempatan akan saya ulas mengenai manfaat hujam asam kepada manusia. Untuk pengertian hujan asam saya pikir bisa di pahami oleh pemabaca.

Selanjutnya kita beralih kepada apa yang menjadi sebab atau penyebab dari hujan asam tersebut.

Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_asam

Pendapat di atas masih saya sadur dari wikipedia, tapi secara garis besar, terjadinya hujan asam dari alam dan perbuatan manusia. Dari alam sepetrti letusan gunung merapi, tanah yang berproses dan laut.

Sedangkan sebab hujan asam dari manusia karena, industri, kendaraan bermotor, pembangkittenaga listrik, gas dan banyak lagi aktivitas manusia yang menjadi penyebab terjadinya hujan asam.

Kesimpulan dari sebab hujan asam adalah kerjasama yang terjadi antara manusia dan alam secara sengaja atau tidak, dan bisa secara bersamaan atau tidak. Saya pikir Anda sudah bisa memahami tentang sebab terjadinya hujan asam.

Lanjut..

Sekarang kita akan bicara tentang dampak dari hujan asam. Saya simpulkan ada 5 (lima) dampak hujan asam yang bisa terjadi, berikut pemapararannya:

1. Dampak kepada kesehatan manusia

Kesehatan manusia bisa terganggu akibat hujan asam
learnmine.blogspot.com

Kadar asam yang tinggi bisa menyebabkan seorang menjadi sakit pada sistem pernafasan pada manusia. Dan udara yang sudah terkena hujamn asam akan dihirup oleh manusia bisa berdampak kepada paru dan luka bakar pada kuliit manusia.

2. Dampak kepada bangunan

efek kepada bangunan dari hujan asam
roshintafuryanti.wordpress.com

Bangunan yang mengandung material besi akan cepat atau mudah berkarat, karena asam dari hujan asam. Kejadiannya bisa terlihat kepada paku yang berwana kecoklatan. itu adalah efek yang terjadi disebabkan tersentuhnya material dengan zat asam. Nah Anda bisa bayangya jika terjadi pada baguanan yang menggunakan banyak besii? Yang pasti besi akan lebih cepat nampak berkarat atau perubahan struktur besi berubah dengan cepat.

3. Dampak kepada perairan

air juga terkena dampak dari hujan asam
www.glogster.com

Air yang bercampu dengan hujan asam akan membuat kadar air tidak normal. Dan ini bisa memberikan dampak kepada ikan dan hewan lain yang ada di air. Untuk ikan bisa berakibat pada kematian karena tidak terbiasa dengan air dengan kadar asam yang tinggi.

4. Dampak kepada tumbuhan

tumbuhan menjadi kering karena hujan asam
prodiipa.wordpress.com

Tumbuhan menyerap dari tanah yang mengandung asam. dan ini bisa membuat tananam menjadi kering, layu bahkan mati dengancepat. Karena asupan yang biasa di dapat dari tanah tidak sebagaimana mestinya.

5. Dampak kepada hewan

hewan tidak bisa bertahan dengan hujan asam
bacaanmu.blogspot.com

Ini untuk hewan yang di darat. Tentunya kepada hewan akan berdampak negtaif, karena hewan sebagian memakan tumbuhan yang sudah terkena hujan asam. Selain tumbuhan, tanah yang sudah mengandung jujan asam menjadikan pH tanah meningkat dan ini bisa menjadi ancaman kepada hewan.

Selain dampak negatif di atas, mungkin ada dampak positif yang belum di riset oleh banyak orang. Namun kita sebagai makhluk bumi harus “extra” hati-hati dengan perubahan alam yang terjadi.

Kesimpulannya, daripengertian, sebab dan dampak hujan asam, ada informasi baru yang bisa kita dapatkan sekaligus menambah wawasan kita. Di lain itu kita juga harus terus belajar tentang hal – hal yang berkaitan dengan hujan asam, seperti hubungan teknologi dengan hujan asam, dan yang lain. Artinya kita tidak pernah berhenti untuk belajar bukan hanya tentang pengertian, sebab dan dampak dari hujan asam saja. Bagi kita yang sudah mengetahui informasi hujan asam, maka tidak salah jika kita berbagi dengan orang lain, teman atau saudara, supaya antisipasi dini bisa dilakukan.

Demikian artikel tentang Hujan Asam: Pengertian, Sebab dan 5 Dampaknya ini saya tulis, semoga membawa manfaat bagi ilmu dan pengetahuan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ini.

Terima kasih..

referensi:
http://id.wikipedia(dot)org/wiki/Hujan_asam
http://wawan-junaidi.blogspot(dot)com/2009/08/dampak-hujan-asam.html
http://learnmine.blogspot(dot)com/2013/06/dampak-negatif-hujan-asam.html

3 komentar

Silahkan berkomentar