3 Dampak Teknologi Komputer pada Daya Belajar Siswa

Diposting pada

Apakah Anda sudah tahu dampak Komputer terhadap kemampuan belajar siswa disekolah? Selain dampak posistif, ada dampak negatifnya juga ternyata. Kenyataan ini mempunyai bukti yang nyata. Anda penasaran? Berikut ini informasinya..

Kemajuan dan perkembangan teknologi menjadi dua mata pisau bagi peradaban manusia. Jika di gunakan sesuai fungsinya, maka akan berdampak positif bagi keberlangsungan hidup. Seperti orang akan bisa menghemat waktu dalam belanja, karena bisa dilakukan dengan cara online. Selain itu, banyak orang yang tidak perlu lagi beli koran cetak, karena sudah ada koran digital yang bisa di akses via internet. Dan masih banyak lagi.

Namun di sisi lain, teknologi itu memberikan ancaman yang serius bagi keberlangsungan lingkungan dan manusia. Ini adalah hasil pertemuan atau konferensi yang diadakan setiap tahun oleh Persatuan Guru dan Dosen atau Association of Teacher and Lecturers (ALT), Belfast,Irlandia Utara, beberapa waktu yang lalu.

Hasil konferensi itu antara lain menghasilkan sebuah konklusi atau kesimpulan bahwa komputer sebagai bagian dari teknologi terbaru menjadi ancaman bagi siswa yang serius. Bukan hanya kejahatan manusia saja yang bisa di dapatkan oleh siswa, namun komputer berperan sebagai berikut:

 

Awasi dampak negatif komputer bagi kesehatan manusia

Tiga dampak nyata Komputer berdampak negatif kepada kemampuan siswa dalam belajar di sekolah.

1. Sulit Konsentrasi

Siswa akan mengalami lambat dalam menyerap informasi dari guru ketika belajar. Daya konsentrasinya melemah atau menurun. Karena kebanyakan anak menghabiskan waktu di komputer dengan bermain “game online” dan “media sosial” yang ternyata menjadi potensi negatif yaitu dengan menurunnya daya konsentrasi dalam belajar.

Solusi:

Sebaiknya peran orang tua/wali siswa bisa mengawasi tentang aktivitas yang dilakukan siswa ketika bermain komputer, laptop, gadget. Sangat di perlukan untuk memberikan aturan waktu dan disiplin yang tinggi kepada siswa atau anak.

Juga disarankan kepada orang tua untuk banyak membaca tips mendidik anak yang baik dan benar. Jangan sampai anak menjadi korban dari teknologi.

2. Sulit Berkomunikasi

Komunikasi adalah sebuah alat yang penting bagi keberlangsungan hubungan sosial masyarakat. Dan keterampilan dalam berkomunikasi harus di latih kepada siswa supaya mempunyai bekal untuk masa depan. Tapi bagaimana jika anak atau siswa sejak dini sudah mengalami masalah dalam berkomunikasi? Apakah lagi dampak sulitnya anak berkomunikasi karena sebuah teknologi.

Fakta di sekolah, bahwa anak yang terlalu banyak bermain komputer mengalami kesulitan dalam komunikasi dengan temannya di sekolah. Anak menjadi lebih cenrung menyendiri dan pendiam. Ini adalah masalah serius yang harus di sikapi dengan cepat.

Solusi:

Atur jadwal siswa untuk bisa selalu bertemu dengan teman – teman sebaya selain di dalam sekolah. Dan rutinkan hal tersebut. Atau bisa juga menggabungkan anak dengan organisasi anak tertentu. Karena dalam organisasi mau tidak mau akan selalu tercipta budaya kominikasi.

Selain tips atau solusi di atas, untuk mengajari anak berkomunikasi saya selalu bertanya tentang pengalamannya disekolah. Tanya tentang belajar apa, bermain dengan siapa, berapa jumlah teman, dan banyak lagi pertanyaan yang bisa orang tua lakukan. Dan biarkan anak menjawab dengan gaya dia.

3. Sulit Bersosialiasai

Sebenarnya ini hanya efek dari masalah komunikasi, sehingga anak mempunyai kesulitan berhubungan atau bersosialisasi kepada teman – teman.

Solusi:

Sepertinya untuk poin 2 (kedua) bisa orang tua lakukan untuk mengatasi masalah di poin 3 (ketiga).

Pembaca sekalian…

Sebenarnya masih ada lagi beberapa dampak negatif komputer kepada anak, seperti dampak kepada penglihatan atau kesehatannya. Dan semua itu akan di ulasan dalam blog ini.

Demikian artikel tentang Dampak Teknologi Komputer pada Daya Belajar Siswa ini saya tulis, semoga memberikan manfaat dan mohon maaf atas jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi ini.

1 komentar

Silahkan berkomentar