6 Dampak Teknologi Informasi Terhadap Anak

Diposting pada

Untuk orang tua harus mengetahui dampak yang muncul kepada Anak akibat dari penggunaan teknologi. Sebagai orang tua, bahwa anak adalah anugrah dari Tuhan, maka sudah selayaknya setiap orang tua harus mendidik anak dengan hati dan hati-hati.

Anak laksana kertas putih, dan orang tualah yang akan menulis di atas kertas putih itu dengan tinta apa. Jika tulisan yang di-torehkan baik, maka anak akan menjadi baik dan begitu sebaliknya.

Sekarang ini, kemajuan teknologi sudah tidak bisa terbendung lagi, ibarat hujan yang turun ke bumi, begitulah serangan kehadiran teknologi di negeri Indonesia ini. Sebagai orang tua tidak bisa mencegah masuknya teknologi ke rumah, namun yang penting adalah, bagaimana memilih dan memilah teknologi mana yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Terkadang banyak orang tua yang merasa takut jika anaknya disebut ketinggalan teknologi, sehingga membelikan kepada anak teknologi apa saja, walau tidak di butuhkan. Dan nyaris-nya, teknologi itu memberikan efek atau dampak negatif kepada Anak.

Berikut adalah 6 dampak teknologi informasi terhadap anak, adalah :
#1. Kurang empati

Sikap tidak merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain adalah sikap yang tidak baik, dan hal ini kita tidak mau terjadi kepada anak kita, siapa pun orang tuanya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa sikap kurang empati bisa muncul kepada anak karena penggunaan teknologi.
#2. Antipati lingkungan/alam

Tidak peduli dengan lingkungan dan alam adalah bagian kedua tentang dampak negatif kepada anak. Dengan begitu, jika banyak terjadi kerusakan dan kemunduran di lingkungan, maka anak tidak peduli dengan hal itu.

#3. Perilaku konsumtif

Lubis (Sumartono, 2002) mengatakan perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak lagi berdasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang sudah tidak rasional lagi (psychologymania(dot)com). Hal ini tentu tidak ada satu orang tua pun yang mau jika anaknya mempunyai prilaku konsumtif.

Hal ini adalah dampak yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi terhadap anak.

#4. Krisis akhlak & moral

Karena arus informasi yang baik dan tidak baik dengan mudah masuk kepada anak, dan si anak tidak sanggup menyeleksi mana informasi yang baik. Tidak salah jika kita saksikan di media banyak anak-anak melakukan perbuatan kriminal karena informasi teknologi yang salah. Yang ironisnya adalah perbuatan tidak beretika terjadi kepada anak yang masih duduk di kelas SD.

#5. Anti sosial

Perkembangan manusia akan bagus jika tidak melepaskan diri dari sosial masyarakat. Anak sebagian dari masyarakat harus aktif dalam kegiatan sosial dan mempunyai respon yang baik dalam aksi sosial yang membutuhkan. Namun dengan keasyikan dalam permainan teknologi membuat anak bisa anti sosial.
#6. Ingin serba instan

Budaya hidup instan yang terjadi sekarang sudah tidak asing lagi. Ini adalah efek dari teknologi yang disalahgunakan. Dalam fitur gadget, table, atau smartphone yang bisa dilakukan dengan sekali sentuh, maka efeknya anak menjadi semua ingin serba cepat tanpa menghargai sebuah proses.

Demikian 6 Dampak Teknologi Informasi Terhadap Anak yang negatif, tentu saja dampak positifnya tidak bisa di pungkiri ada, namun sebagai orang tua harus bisa memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anaknya.

3 komentar

Silahkan berkomentar